Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Calon Ibu, Lakukan Ini Setelah Tahu Hamil

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (ARYA DHITYA/JAWA POS)

JawaPos.com - Setelah menikah, impian para pasangan pada umumnya mendapatkan momongan. Tak jarang, segala persiapan pun dilakukan. Termasuk memenuhi kebutuhan golden periode atau fase emas pembentukan janin. Menurut spesialis kandungan RSUD dr Soetomo dr Indra Yuliati SpOG, satu hal yang disayangkan, para perempuan acapkali ketinggalan fase emas pembentukan otak janin.

Sebab, pada umumnya seorang perempuan ngeh hamil setelah memasuki usia kehamilan empat minggu atau satu bulan. Padahal fase pembentukan otak janin adalah satu bulan pertama. Dan pembentukan janin seluruhnya terus berlangsung hingga janin dilahirkan. ’’Memang sangat jarang yang mengetahuinya pada usia kehamilan kurang dari satu bulan. Dan kalau memang baru tau saat satu bulan, itu tidak ketinggalan fase emas, bisa dikejar. Anggap saja telat sedikit,’’ tutur dokter yang juga Dosen FK Unair tersebut.

Jadi begitu tahu dirinya hamil, para perempuan memang harus mengkonsumsi makanan kaya asam folat dan kalsium. Asam folat baik untuk merangsang pertumbuhan otak janin, dan mencegah kecacatan pada janin. Sedangkan kalsium baik untuk pertembuhan janin, khususnya tulang.

Praktisnya, perempuan biasanya memilih untuk mengkonsumsi suplemen yang yang mengandung asam folat. Dan bila memang memilih suplemen, lebih baik memilih suplemen Multivitamin B complex. Karena didalamnya sudah mengandung asam folat. ’’Jadi jenis vitamin yang didapatkan juga lebih banyak,’’ ungkapnya. (ina/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP