Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Sidang Pertama Mantan Presiden, Ini yang Dilakukannya

| editor : 

HADAPI: Park Geun-hye sebelum memasuki ruang sidang.

HADAPI: Park Geun-hye sebelum memasuki ruang sidang. (REUTERS/Kim Hong-Ji)

JawaPos.com - Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye menjalani sidang perdana di Pengadilan Seoul kemarin (23/5). Dalam proses dengar pendapat itu, jaksa penuntut menyatakan bahwa Park bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Jika terbukti bersalah, dia bisa dihukum lebih dari 10 tahun.

Putri mantan Presiden Korsel Park Chung-hee itu tentu saja membantah semua dakwaan dan bersikukuh tak bersalah. Pengacara Park, Yoo Yeong-ha, menegaskan bahwa kliennya menampik 18 dakwaan yang diajukan jaksa.

”Tidak ada alasan bagi (mantan) Presiden Park untuk memaksa perusahaan mendonasikan uang yang dia sendiri tidak bisa memakainya untuk kepentingan pribadi,” tegas Yoo.

Jaksa senior Lee Won-seok mengakui bahwa Park menampik semua fakta yang ada. Namun, mereka sudah memiliki bukti-bukti dan pernyataan dari para saksi. Termasuk aliran uang dari Samsung Group 29,8 miliar won atau setara dengan Rp 352,3 miliar yang masuk ke yayasan K-Sport yang didirikan Park dan dikelola sahabatnya, Choi Soon-sil.

Kemarin Park kali pertama tampil di depan publik sejak ditahan kejaksaan.Choi Soon-sil juga hadir dalam persidangan tersebut. Itu adalah kali pertama mereka bertemu sejak Choi ditahan. Namun, tidak ada sepatah kata pun yang keluar dari keduanya. Choi memberikan kesaksian di pengadilan sambil bercucuran air mata.

”Saya telah melayani (mantan) Presiden Park selama 4 dekade terakhir. Saya merasa bersalah karena membuat dia diadili seperti ini,” ujarnya. Menurut Choi, Park bukanlah orang yang bisa dibujuk dengan suap. (Reuters/BBC/sha/c21/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP