Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pendidikan

Ini Resep Keliling Dunia Gratis dari Mahasiswa Berprestasi UGM

| editor : 

FOKUS: Muhammad Rizki (tengah).

FOKUS: Muhammad Rizki (tengah). (Muhammad Rizki for JawaPos.com)

JawaPos.com - Muhammad Rizki mungkin tidak pernah mendapat ranking di sekolah. Tetapi mahasiswa semester akhir jurusan Hukum di Universitas Gadjah Mada itu punya prestasi membanggakan.

Rizki tetap punya usaha dengan cara yang berbeda untuk mengantarkannya mendapatkan deretan beasiswa. Seperti pertukaran pelajar AFS-YES Intercultural Exchange Program, di Kennewick, Washington, USA 2010-2011, Awardee dalam Asia Institute Political Economy Summer School Program di University of Hong Kong pada Juli 2014, dan banyak lainnya.

Awardee dalam ASEAN in Today’s World Short Course Program Februari-Maret 2014 bertempat di Ateneo De Manila University, Filipina bekerjasama dengan Kyushu University, dan delegasi Indonesia dalam Asian Law Students’ Association International Conference, Seoul South Korea 2012.

’’Semua usaha itu ada pasang surutnya, jadi tetap usaha dan berdoa, dan konsisten itu yang perlu,’’ papar Rizki yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum UGM 2015 tersebut.

Resepnya, selalu tulislah resolusi yang ingin dicapai tiap tahunnya, dan di akhir tahun, akhiri dengan evaluasi as feedback terhadap apa saja keinginan yang telah tercapai atau belum. Dengan adanya resolusi tersebut akan sangat memudahkan kita untuk mempersiapkan amunisi-amunisi untuk mencapai target tersebut.

Pantang menyerah, selalu mendengarkan kritikan dan masukan, selalu set up target yang ingin dicapai di tiap tahunnya, belajar dari kesalahan, dan utamakan rasa kekeluargaan. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu berdoa dan mendoakan orang lain serta selalu bersedekah secara rutin. ’’Ingatlah Tuhan maha adil lagi mendengar, ketika kita mendoakan orang lain, maka niscaya malaikat-malaikat pada waktu bersamaan mendoakan kita kembali, the power of prayers are definitely remarkable,’’ tegasnya.

Dan yang terpenting jangan cepat berpuas diri, Rizki juga berusaha meningkatkan kemampuan pada aspek profesionalitas dan team works dengan terlibat dengan beberapa organisasi intra maupun ekstra kampus.

Tahun ini adalah tahun kedua Rizki mendapatkan amanah sebagai Coordinator of Legal Event of ALSA LC UGM, dia juga merupakan Ketua Angkatan 2012 ALSA LC UGM.

’’Selain itu, saya bersama beberapa alumni ILC adalah founder dari Nusantara Young Leaders, dan di tahun pertama saya menjabat sebagai Vice President of Internal. Di tahun ketiga saya memfokuskan waktu saya pada amanah saya di ALSA serta alhamdulillah terdapat 2 pencapaian yaitu Best Delegate in ALSA International Study Trip Indonesia dan National Champion of National Selection of The Louis M. Brown and Forrest S. Mosten International Client Consultation Competition,’’ paparnya. (ina)

Sponsored Content

loading...
 TOP