Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolis

Ada Blood-Jek hingga Tuna Raksasa

| editor : 

RAKSASA: Petugas dari Dinas Perikanan Jatim menunjukkan ikan tuna tangkapan nelayan di laut selatan.

RAKSASA: Petugas dari Dinas Perikanan Jatim menunjukkan ikan tuna tangkapan nelayan di laut selatan. (Aris Imam Mashudi/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Setiap instansi publik harus memiliki inovasi untuk meningkatkan layanan kepada warga. Beragam inovasi tersebut dipamerkan dalam pameran dan simposium pelayanan publik yang berlangsung di Gelora Joko Samudro (GJS) Kamis (18/5).

Pameran dan simposium itu dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan Otoda Kemen PAN-RB Sadiq Pasadigoe bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Ahmad Sukardi. Bupati Sambari Halim Radianto-Wabup M. Qosim turut mendampingi. ’’Tak hanya pameran, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada instansi yang sudah berinovasi di bidang layanan publik,’’ kata Sukardi.

Dia menyatakan, agenda itu merupakan bagian dari upaya percepatan program menuju era layanan publik tingkat dunia pada 2025. ’’Jatim menjadi salah satu ikon percepatan inovasi tersebut,’’ katanya.

Sementara itu, Sambari mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia menyebut event itu bisa membuat setiap daerah semakin bersemangat dalam berinovasi. ’’Masyarakat Gresik bangga ditunjuk menjadi tuan rumah event besar ini,’’ tuturnya.

Dalam acara yang dihelat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tersebut, 99 inovasi dipamerkan. Sejumlah inovasi sudah diaplikasikan. Salah satunya, program Blood-Jek yang dibuat Kabupaten Lumajang.

Program tersebut mirip aplikasi angkutan berbasis online. Angkutan serupa dipakai sebagai sarana pengantar darah. Bentuknya berupa sepeda motor yang dilengkapi coolbox dan termometer digital.

Ada juga layanan sistem informasi jaringan tujuh menit yang diterapkan di Bojonegoro. Sistem tersebut dipakai untuk mendeteksi dan mengantisipasi potensi bencana daerah.

Gresik juga tidak mau kalah. Kabupaten tersebut memamerkan program pengurusan izin lingkungan cepat. Ada juga inovasi soal layanan kependudukan berupa akta kelahiran yang sudah diterapkan dispendukcapil.

Selain inovasi, ada pameran hasil produksi dari kabupaten/kota di Jatim. Misalnya, yang ditampilkan Dinas Perikanan Jatim. Instansi tersebut memamerkan seekor ikan tuna raksasa hasil tangkapan para nelayan di laut selatan Jatim. (ris/c15/ai)

Sponsored Content

loading...
 TOP