Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Diet & Fitness

Cegah Stroke dengan Cara ini

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay)

JawaPos.com - An apple a day, keep the doctor away. Kalimat yang sering terdengar itu memang benar adanya. Apel, buah praktis yang mengandung antioksidan tinggi itu sangat baik mencegah stroke. ’’Sebenarnya banyak buah dan makanan yang kaya antioksidan, tapi buah apel adalah yang paling praktis,’’ ucap Prof Abdul Hafid Bajamal SpBS.

Dalam satu buah apel 100 gram, mempunyai kandungan banyak zat gizi. Yaitu 58 kalori, 14,9 gram hidrat arang, 0,4 gram lemak, 0,3 protein, 6 mg kalsium, 10 mg fosfor, 0,3 mg zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan 84 persen air.

Apalagi untuk mendapatkannya, membelinya, membawanya juga dengan mudah dilakukan. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari, paling tidak bisa mengurangi risiko terkena stroke. Meski peluang untuk terjangkit penyakit yang menyerang otak ini tetap besar.

Menurut Prof Abdul Hafid, dulunya stroke dikenal sebagai penyakitnya orang kaya. Karena hanya orang dari kalangan menengah keatas yang banyak terserang stroke. Namun kini tidak lagi.

Malah di rumah sakit pemerintah tidak sulit mencari orang-orang yang terjangkit stroke. Dan pasiennya adalah orang-orang dari kalangan menengah kebawah. ’’Polanya berubah, karena makanan-makanan yang dijual di pasaran sekarang banyak mengandung garam. Hal tersebut memicu terjadinya hipertensi,’’ paparnya.

Kasus stroke selain dicegah sejatinya juga bisa dideteksi dini melalui MRI. Hanya saja memang harganya yang kurang bisa dijangkau masyarakat. Namun harga tersebut pasti lebih sedikit bila dibandingkan dengan perawatan kuratif yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. (ina)

Sponsored Content

loading...
 TOP