Jumat, 22 Sep 2017
JawaPos.com Icon
JPG Events

Sukses Taklukkan Ampera, Incar Suramadu

| editor : 

BERKELAS: Para pelari melakukan start Sumatera Ekspres Road to Jawa Pos Fit Palembang 2017 di Benteng Kuto Besak kemarin.

BERKELAS: Para pelari melakukan start Sumatera Ekspres Road to Jawa Pos Fit Palembang 2017 di Benteng Kuto Besak kemarin. (Dite Surendra/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com  – Race Sumatera Ekspres Road to Jawa Pos Fit Palembang 2017 di kawasan Jembatan Ampera, Palembang, kemarin (14/5) benar-benar memuaskan 2.000 peserta. Rute di jembatan yang menjadi ikon Kota Pempek itu sangat pas untuk pemanasan sebelum mengikuti Jawa Pos Fit East Java Marathon pada 12 November nanti.

Para runner yang ambil bagian dalam race tersebut memuji kinerja panitia dalam menyiapkan event yang melombakan kategori 5K dan 10K itu. ”Saya biasa lari di Jembatan Ampera, tapi di jalur pedestrian. Baru kali ini bisa berlari di atas jembatan yang steril dari kendaraan,” kata Muhammad Asror, peserta dari Banyuasin yang meraih podium III kategori 10K.

Asror juga menyatakan siap mengikuti Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 di Surabaya. Begitu juga Jauhari Johan, peraih podium pertama kategori 10K putra. Johan pernah merasakan ”siksaan” trek di Jembatan Suramadu pada Jawa Pos Fit East Java Half-Marathon 2016. Saat itu dia meraih podium II untuk kategori 10K nasional.

”Race Jawa Pos Fit di Suramadu cukup kompetitif. Selain atlet nasional, banyak pelari asing yang ikut serta. Termasuk dari Kenya,” kata Johan.

Panitia memang berusaha keras menyajikan race secara profesional. Semua catatan waktu peserta terekam dengan detail. Untuk kategori 10K, misalnya, terdapat empat checkpoint di km 3, km 5, km 7, dan km 9. Dengan begitu, hasil lomba pun sangat akurat karena tidak ada peserta yang bisa berbuat curang.

Puluhan marshal juga disiagakan di sepanjang race untuk mengatur dan memberikan semangat kepada peserta. Memang masih ada sejumlah kekurangan. Misalnya, menjelang akhir lomba, sudah ada kendaraan yang masuk ke trek lomba. ”Kami minta maaf kalau belum sempurna. Namun, secara umum, pelaksanaan race sudah sesuai dengan yang direncanakan,” kata Senior Manager PT Jawa Pos Koran Rensi Dewi Bulan.

Flag off kategori 10K dilakukan tepat pukul 06.00 oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo dari race village di Benteng Kuto Besak, bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Palembang abad XVIII. Lalu, kategori 5K dilepas 15 menit kemudian. Selain wali kota Palembang, ada Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Asep Suhendar, Direktur AXA Financial Indonesia Nina Ong, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumsel Farhat Syukri.

Menurut Harnojoyo, event tersebut sangat positif karena akan merangsang masyarakat Palembang untuk giat berolahraga. ”Saya berharap acara ini bisa diadakan setiap tahun,” kata wali kota yang rajin melakukan safari subuh itu.

Sumatera Ekspres Road to Jawa Pos Fit Palembang 2017 merupakan pre-event pertama sebelum pelaksanaan big event Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 di Surabaya pada 12 November 2017. Setelah Palembang, event serupa diadakan di Tenggarong (16 Juli 2017), Makassar (6 Agustus 2017), dan Manado (16 September 2017).

Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda mengatakan, Jawa Pos Group memang sangat aktif mengadakan sejumlah event kreatif untuk masyarakat. Salah satunya Jawa Pos Fit dengan event larinya.

”Tahun ini kami mulai dari Palembang bersama Sumatera Ekspres. Setelah ini berlanjut ke Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Dan puncaknya diadakan di Surabaya, Jawa Timur, melintasi Jembatan Suramadu,” kata Azrul. ”Mari kita semua terus berolahraga demi badan kita sendiri, bukan untuk siapa-siapa,” lanjutnya.

Peraih podium untuk kategori 5K serta 10K putra dan putri berhak mendapatkan golden ticket free entry Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 di Surabaya pada 12 November nanti. Informasi dan pendaftaran race lari terakbar di Jawa Timur itu masih dibuka melalui websitewww.jawaposfit.com. (pus/c11/tom)

Sponsored Content

loading...
 TOP