Sabtu, 23 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Women's

Efek Suka Menahan Pipis untuk Perempuan

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay)

JawaPos.com - Kebiasaan menunda berkemih untuk perempuan harus dihindari. Karena akibat yang dihasilkan adalah penyakit.

Spesialis Urologi dr Satria Husada SpU mengungkapkan, kebiasaan menahan kemih pada perempuan bisa mengakibatkan Infeksi Saluran Kencing (ISK). ’’Bila sering menahan pipis, akan terjadi inflamasi dinding saluran kemih. Kemudian, terjadi penumpukan urine yang berisi bakteri atau kuman,’’ paparnya.

Apalagi, uretra (saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih) pada perempuan lebih pendek daripada laki-laki. Sehingga bakteri lebih mudah menjangkaunya.

Kebanyakan perempuan yang didiagnosis penyakit ini berusia 20-40 tahun. Selain itu, ISK juga bisa diakibatkan karena kurangnya minum air putih. ’’Kebiasaan yang ini sebisa mungkin harus dihindari,’’ imbuhnya, juga karena kurangnya kebersihan pada organ vital perempuan. terutama mereka yang menstruasi atau keputihan. ’’Intensitas dalam mengganti pembalut atau pantyliner itu jangan diremehkan,’’ tuturnya.

Satria menegaskan, perempuan usia produktif memang harus menjaga organ vitalnya dengan lebih telaten. Bila sudah merasa anyang-anyangen, nyeri di daerah perut bawah, rasa panas atau terbakar saat berkemih, maka harus segera ditindaklanjuti dengan banyak minum air putih dan pergi ke dokter.

Namun, lanjut Satria, para perempuan juga harus lebih kritis ketika pergi ke dokter. Apalagi ketika sudah mendapatkan obat antibiotik untuk pengobatan ISK-nya. Sebab, bila ISKnya masih tergolong ringan, sejatinya belum memerlukan antibiotik. (ina/tia)

Sponsored Content

loading...
 TOP