Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolis

Istri Lebih Berani Cerai

| editor : 

Grafis

Grafis (Errie Dini/Jawa Pos)

JawaPos.com- Menjadi janda atau duda merupakan pilihan yang pahit saat rumah tangga sudah tidak harmonis. Namun, perempuan Kota Santri justru lebih berani menceraikan suami mereka. Ribuan janda baru muncul setiap tahun.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Gresik Istiqomi menjelaskan, cerai talak berawal dari gugatan pihak suami. ”Sementara itu, gugat cerai dimohonkan pihak istri,” kata Istiqomi.

Selama 2016, tercatat ada 2.059 perkara perceraian yang masuk Pengadilan Agama (PA) Gresik. Perinciannya, cerai talak 630 perkara dan ceraigugat 1.429 perkara. Artinya, pihak istri lebih banyak berinisatif merobohkan bangunan pernikahan yang sah.

Pada Januari–Maret 2017, ada 544 perkara perceraian yang masuk. Perinciannya, cerai talak 163 perkara dan cerai gugat 381 perkara. Artinya, pihak istri lagi-lagi lebih mendominasi perkara perceraian.

Mengapa terjadi demikian? Istiqomi memaparkan, penyebab retaknya biduk rumah tangga memang bermacam-macam. Namun, ada sebab tertentu yang paling banyak. ”Faktor ekonomi dan perselingkuhan yang mendominasi,” ujarnya. Gugat cerai karena perselingkuhan tidak hanya terjadi di perkotaan, tetapi juga terjadi di desa-desa.

Perempuan berhijab tersebut mengingatkan, perceraian memang dibolehkan dalam agama. Namun, hakim pengadilan agama (PA) tetap berupaya mendamaikan suami-istri yang berperkara. Meski demikian, upaya hakim tidak selalu berhasil. Mediasi sering gagal karena kebanyakan pemohon dan termohon gugatan tidak hadir.

”Jadi, perkara akhirnya diputuskan tanpa kehadiran termohon,” ungkapnya. Di antara 2.059 perkara perceraian yang masuk pada 2016, 1.882 perkara sudah diputus. Sisanya, 177 perkara diputuskan pada tahun berikutnya.

Di antara 1.882 perkara yang diputus itu, ada 567 perkara cerai talak dan 1.315 perkara gugat cerai. Artinya, selama 2016, 567 orang memutuskan menduda dan 1.315 menjadi janda baru di Kota Giri. (yad/c16/roz)

Sponsored Content

loading...
 TOP