Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

Kerjanya Terbukti! Siapapun Gubernurnya, Pasukan Oranye Tetap Ada

| editor : 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji bersama Pasukan Oranye

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji bersama Pasukan Oranye (Rieska Virdhani/JPG)

JawaPos.com – Kiprah  Pasukan Oranye dalam membersihkan ibukota Jakarta patut diapresiasi. Setidaknya, masyarakat melihat banyak perubahan di setiap sungai di Jakarta yang saat ini tampak mulai bersih dan tidak jorok lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan pihaknya sudah mendapatkan laporan evaluasi dari Kementerian Lingkungan Hidup soal kualitas sungai Ciliwung. Isnawa mengungkapkan sungai Ciliwung dalam 2-3 tahun terakhir kondisinya lebih baik walaupun belum sepenuhnya.

“Sejak adanya Pasukan Oranye kelihatan tampilan fisiknya terhadap sampah lebih tertangani. Namun kini tantangan kami adalah mengembalikan kualitas baku mutu airnya, kotor hitam cokelat, ada bakteri E-Coli atau tidak,” tegas Isnawa di sela-sela peringatan Kartini Peduli Bumi di Pejaten Timur, Jumat (21/4).

Saat ditanya apakah akan ada penambahan jumlah pasukan, Dia  menegaskan akan melakukan  evaluasi dan analisa terlebih dahulu. Apalagi pihaknya akan meningkatkan fungsi alat berat yang digunakan.

“Tahun depan, kita akan ada pengukuran atau analisa. Kali dan sungai yang kita tambah dengan alat berat misalnya sudah terbantu alat berat. Atau mungkin pasukan oranye di sungai itu tak dihilangkan, tapi digeser ke saluran yang lebih dalam lagi. Kali kecil atau saluran lain,” tegasnya.

Isnawa menegaskan program lainnya adalah berupa Revolusi Got di tingkat kelurahan dan kecamatan. Fungsinya untuk mengembalikan fungsi sungai dan drainase yang selama ini sudah mati. Isnawa menegaskan Pasukan Oranye tetap akan dipertahankan untuk membuat wajah ibukota lebih bersih dan nyaman.

“Kita pinjamkan alat-alat untuk camat dan lurah melakukan Revolusi Got, tentu Pasukan Oranye tetap ada, (siapapun gubernurnya) enggak ada masalah,” tegasnya. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP