Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Ini Dia Jagoan Baru Suzuki, Irit Banget

| editor : 

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis (Istimewa)

JawaPos.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan penjualan Suzuki Ignis mencapai dua ribu unit per bulan. Direktur Penjualan 4W SIS Makmur menjelaskan, proyeksi penjualan Ignis tersebut setara dengan 20 persen dari total penjualan Suzuki per bulan.

Meski diklaim bergenre baru, jika melihat kubikasi mesin, dimensi, dan segmentasi harga, Ignis masih dapat disebut sebagai city car atau hatchback.

Ignis yang berdimensi panjang, lebar, dan tinggi 3,7 m x 1,66 m x 1,595 m memiliki ground clearance lebih tinggi daripada mobil kota biasa, yaitu 180 mm.

Posisi air intake dengan tinggi 700 mm membuat Ignis cukup aman digunakan untuk menerobos genangan air. Kesan sporty juga terlihat pada bagian grill kotak kecil-kecil serta flare fender dan rear bumper yang melintang horizontal.

Untuk urusan mesin, Ignis dibekali mesin K12M empat silinder berkapasitas 1.200 cc yang dilengkapi VVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 83 ps dan torsi 113 nm.

Konsumsi bahan bakarnya diklaim cukup irit, yaitu 23,64 km per liter untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi AGS mencapai 23,44 km per liter. Ignis yang dibuat Maruti Suzuki masih didatangkan utuh dari India.

Bila permintaan pasar tinggi, Suzuki siap membangun Ignis di dalam negeri. ’’Secara kapasitas pabrik, kami juga mampu,’’ kata Makmur.

Target penjualan dua ribu unit termasuk cukup tinggi. Jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil yang berhasil mencatatkan penjualan di atas 2.000 unit per bulan selama Januari–Maret 2017 hanya berasal dari segmen low MPV, MPV, dan low SUV.

Di pasar city car, tak satu pun pemain di dalamnya bisa mencapai penjualan dua ribu unit per bulan. Hanya city car yang masuk dalam program LCGC, yakni Honda Brio Satya, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla yang berhasil melebihi angka psikologis tersebut.

Selama Maret 2017, Suzuki mencatatkan penjualan 9.125 unit alias naik 12,9 persen dari 8.069 unit pada Februari 2017. Catatan itu melengkapi total penjualan sementara 24.313 unit sepanjang 2017.

Dua di antara tiga penyumbang utama penjualan kendaraan roda empat Suzuki berasal dari kendaraan niaga ringan. Pada Maret lalu, terjual 2.597 Carry pick-up dan 1.324 APV pick-up.

Sementara itu, dari segmen passenger atau kendaraan penumpang, Ertiga berhasil menjadi kontributor utama penjualan roda empat Suzuki dengan 3.360 unit pada Maret. (agf/c23/noe/jpnn/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP