Jumat, 22 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Aura Balap dalam Mobil-Mobil In-House Tuning

| editor : 

FULL SET: Wiraniaga memamerkan Honda HR-V Mugen dalam pameran otomotif beberapa waktu lalu.

FULL SET: Wiraniaga memamerkan Honda HR-V Mugen dalam pameran otomotif beberapa waktu lalu. (Frizal/Jawa Pos)

JawaPos.com- Pabrikan otomotif tidak sekadar berlomba melakukan inovasi dalam desain, tetapi juga performance kendaraan. Karena itu, nyaris semua pabrikan otomotif Jepang dan Eropa memiliki divisi khusus pengembangan high performance part dan tuning untuk berlaga di kejuaraan balap.

Toyota mempunyai in-house tuning Toyota Racing Development (TRD), Honda memiliki Mugen Power, atau Nissan dengan Nismo. Demikian juga BMW yang mempunyai M Series atau Mercedes-Benz dengan AMG.

Namun, konsumen fanatik sering kali tidak puas dengan penampilan dan performa mobil biasa. Mereka menginginkan mobil hariannya memiliki penampilan, kinerja, dan aura balap. Karena itu, pabrikan pun merilis mobil nonbalap, tetapi mewarisi teknologi tinggi pada mobil-mobil balap.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menyatakan, parts yang terinstal di varian produk TRD memang aksesori pilihan. Artinya, tidak hanya menambah nilai estetis, tetapi juga memberikan fungsi ganda seperti aerodinamika dan keamanan. Beberapa produk Toyota memiliki varian TRD pada line-up-nya. Misalnya, Toyota Fortuner, Rush, Yaris, sampai LCGC Agya.

Pada New Agya, varian TRD mendapatkan bekal khusus untuk safety berupa hadirnya fitur ABS. Secara tampilan, front bumper, side skirt, dan rear bumper juga mengalami perubahan minor. Desainnya sangat simpel, tetapi cukup untuk menambah aura sporty pada mobil mungil tersebut.

’’Aksesori di varian TRD pasti sudah melalui tahap research and development TRD. Jadi, sebuah aksesori tidak mengurangi, tapi menambah fungsi pada kendaraan itu sendiri,’’ ujar Suryo, sapaan akrabnya.

Konsumen, tutur Suryo, memang bisa saja menambahkan aksesori aftermarket pada kendaraannya. Namun, kualitas dan presisi aftermarket part tidak bisa dijamin 100 persen menunjang performance dan penampilan kendaraan. Kualitas part sangat bergantung brand dan pemasangannya. Varian produk yang memperoleh tambahan dari in-house tuning bisa dipastikan punya kualitas setara dengan kendaraannya. Apalagi, jika suatu saat terdapat kerusakan, diler mengganti aksesori tersebut seperti semula.

Hampir semua divisi in-house tuning pabrikan menyediakan part-part tersebut secara terpisah. Para pemilik produk dengan fasilitas standar pun leluasa menambahkan aksesori resmi dari diler.

Misalnya, Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek (APM) Honda menyediakan beberapa part berlabel Mugen. ’’Untuk Jazz atau HR-V, parts Mugen bisa dibeli secara terpisah. Untuk All-New Honda Civic, saat ini kami hanya menyediakan versi Modulo,’’ jelas Marketing dan Aftersales Service PT HPM Jonfis Fandy.

Selain Toyota, Honda menurunkan salah satu produk andalan yang mendapatkan polesan dari in-house tuning. Produk tersebut adalah HR-V 1.8L Mugen. Sejak kali pertama dikenalkan, HR-V Mugen berhasil menarik perhatian pasar.

HR-V seri khusus itu tidak hanya berbalut aksesori tambahan seperti LED projector headlight, LED daytime running light (DRL), atau side under spoiler. Namun, tenaga mesin HR-V Mugen juga dibengkakkan dari versi standar mesin 1.500 cc menjadi 1.800 cc.

Jonfis menjelaskan, salah satu pertimbangan HPM menghadirkan HR-V 1.8L Mugen ke Indonesia adalah riset permintaan pasar. ’’Kami melihat banyak pengguna HR-V yang memodifikasi kendaraannya dengan aksesori aftermarket sehingga kami berusaha memfasilitasi konsumen yang membutuhkan produk aksesori asli Mugen,’’ terang Jonfis.

Upaya itu disambut baik oleh konsumen. Berdasar data penjualan HPM, telah terjual 1.020 unit HR-V Mugen untuk versi 1.5L dan 1.8L. Ke depan, Honda membuka peluang membawa produk Mugen lainnya ke Indonesia. ’’Sejauh ini harga bukan tolok ukur utama kami untuk menghadirkan varian aksesori. Jika memang peminatnya banyak, tentu akan kami sediakan,’’ tandas Jonfis. (agf/c14/noe)

Sponsored Content

loading...
 TOP