Kamis, 21 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pendidikan

Tanam Pohon Sambut Hari Air Sedunia

| editor : 

BIAR HIJAU: Riko Pramudya (kiri), Gangga Pamadya, dan Abimanyu Bisma menanam pohon bersama Minggu (19/3) di kawasan Kampus C Unair.

BIAR HIJAU: Riko Pramudya (kiri), Gangga Pamadya, dan Abimanyu Bisma menanam pohon bersama Minggu (19/3) di kawasan Kampus C Unair. (Edi Susilo/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Memperingati Hari Air Sedunia pada Rabu (22/3), mahasiswa pencinta alam Wanala Universitas Airlangga (Unair) mengadakan aksi tanam 400 pohon Minggu (19/3). Kegiatan tersebut mengajak ratusan siswa, masyarakat umum, dan organisasi pencinta alam dari berbagai kampus untuk peduli terhadap lingkungan.

Menenteng bibit pohon jambu biji, Abimanyu Bisma bersemangat menanam pohon setinggi setengah meter itu. Dengan tangan kecilnya, Abim, sapaan akrabnya, membersihkan ceruk lubang yang sudah dibuat panitia.

Bibit tersebut lantas dibenamkan. Perlahan, sambil mengambil beberapa kepal tanah, Abim mulai menimbun bibit itu. ’’Ayo Abim, tanahnya dipadatkan. Biar pohonnya tak goyang,’’ kata Riko Pramudya, sang ayah, yang ada di sampingnya.

Abim tidak sendiri. Di halaman belakang Kampus C Unair ratusan orang dari berbagai usia bergerombol membentuk lingkaran. Mereka tampak giat menanam bibit pohon.

Ketua Umum Wanala Unair Gangga Pamadya Bagaskara menyatakan, kegiatan tanam pohon itu bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat di bidang lingkungan. Tujuannya, membuat aksi nyata memperbaiki lingkungan.

Ada tiga jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut. Yakni, pohon sengon, jambu biji, dan sirsak. Dominasi pohon buah dipilih agar bisa memberikan manfaat ganda bagi masyarakat saat sudah tumbuh besar. ’’Selain bisa menjaga lingkungan, buahnya bisa dimakan,’’ papar mahasiswa manajemen itu.

Selain di kampus, selama setahun mendatang Wanala Unair mengadakan aksi tanam pohon di beberapa lokasi. Di antaranya, di kawasan Gunung Penanggungan dan Wonosari di Malang. ’’Total kami akan tanam lima ribu pohon tahun ini,’’ ungkapnya. (elo/c15/jan/sep/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP