Kamis, 21 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Humaniora

Ketika Menggalang Bantuan Kemanusiaan untuk Aleppo Dengan Puisi

| editor : 

Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Majelis Syuro PUI.

Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Majelis Syuro PUI. (Istimewa)

JawaPos.com - Peristiwa kemanusiaan yang menimpa masyarakat Aleppo, Syria menyentuh nurani masyarakat di seluruh dunia. Termasuk umat Islam di Indonesia.

Untuk meringankan korban konflik tersebut, Persatuan Ummat Islam (PUI) dan Adara Relief Internasional menggalang dana sosial yang dikemas dalam pertunjukan seni. 

Digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kamis (16/2), penggalangan dana itu juga dimeriahkan dengan penampilan seni, pembacaan puisi, orasi budaya dari sejumlah tokoh.

Dihadapan sejumlah tamu yang hadir malam itu Ketua Umum PUI, KH Nazar Haris turut menyumbangka pembacaan puisi untuk merasakan kepediahan sesama manusia di Aleppo.

"Kalian banyak, tapi lambat
Musuh kompak, kalian terkotak-kotak
Sementara Aleppo tak mau kalah
Dituduh teroris, diembargo, diteror
Bangkit ditumpas
bangkit lagi di tumpas lagi
Bangkit! Bangkit! dan bangkit lagi!
Tetap tak menyerah," lantang Nazar Haris.

Selain KH Nazar Haris, malam seni untuk Aleppo itu juga dimeriahkan juga oleh aksi pembacaan puisi dari Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Majelis Syuro PUI.

Sementara itu Ketua Umum Adara Relief Internasional, Nurjanah Hulwani menyampaikan alasan rakyat Indonesia harus membantu Aleppo. Diantaranya rasa kemanusiaan dimana rakyat Aleppo tidak hanya dibunuh, namun sebelum dibunuh mereka mendapatkan siksaan, dan pemerkosaan.

"Aleppo ada di bumi Syiria dan salah satu dari empat negara di bumi Syam. Dan benteng Aqidah umat Islam ada di bumi Syam," ungkapnya," Nurjanah Hulwani dalam keterangan persnya yang diterima JawaPos.com, Jumat (17/2).

Dia menuturkan, sebagai sesama umat manusia dan umat muslim upaya yang dapat dilakukan dalam meringankan penderitaan warga Aleppo, pertama dengan cara menyebarluaskan kesulitan dan penderitaan yang lahir batin masyarakat setempat. Kedua menggalang kemanusiaan dan ketiga mendoakan mereka.

"Semoga semakin banyak orang yang memahami dan peduli, Allah akan memberikan kemenangan untuk rakyat Aleppo," harap Nurjanah. Diketahui, dalam acara tersebut terkumpul donasi sebesar Rp 173.020.700 ditambah USD 700 dan cincin emas. (iil/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP