Minggu, 24 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pemilihan

Server Diserang Hacker, Ini yang Dilakukan KPU DKI

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JawaPos.com)

JawaPos.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno mengungkapkan fakta mengejutkan terkait pengumpulan data pilkada. Sumarno mengaku, server KPU DKI Jakarta sempat akan diretas hacker. "Memang ada upaya untuk meretas server KPU," kata Sumarno di kompleks Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

Kendati demikian, Sumarno menuturkan bahwa tim IT KPU DKI mampu mendeteksi lebih dini akan serangan hacker. Sehingga datanya tidak bobol. "Kemarin sempat shut down tetapi kemudian tidak sampai KO. Paling agak kelimpungan sedikit, tapi sudah pulih lagi karena sudah seperti biasa lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, halaman web KPU DKI Jakarta mendadak down alias tidak bisa diakses. Saat dikonfirmasi, Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menjelaskan, penyebab halaman web menjadi down lantaran sedang ada aktivitas penginputan data. "Belum bisa diakses. Ini lagi diinput data-datanya. Data-data hasil pilkada," ujar Sumarno.

Ketika ditanyai kapan halaman web KPU DKI kembali normal, Sumarno belum bisa memberikan kepastian. "Yah secepat mungkin ya (bisa diakses kembali)," terangnya. (uya/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP