Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Simak Nih Kehebatan Suzuki SX4 S-Cross, SUV Andalan Suzuki!

| editor : 

Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross (autocar.co.uk)

JawaPos.com - Pada 2007, Suzuki meraup sukses di kelas crossover modern tanah air. Saat itu, Suzuki SX4 yang di klaim sebagai perintis di kelas crossover kali pertama kali masuk Indonesia. Mobil tersebut diimpor langsung dari Jepang. Nah pada tahun 2016 ini, Suzuki menghidupkan kembali mobil ini dan mendapat kode nama tambahan. Akankah Suzuki SX4 S-Cross mobil ini berhasil mengulang kesuksesannya menjadi salah satu mobil SUV murah seperti pada tahun 2007 lalu? 

Nah, Berikut ulasannya kehebatan Suzuki SX4 S-Cross yang akan menjadi pengusik di segmen compact SUV:

Desain dan Eksterior

Suzuki SX4 S-Cross memiliki desain yang lebih halus dibandingkan kompetitornya. Desain mobil Suzuki ini memiliki kesan yang besar dan berotot jika dilihat dari samping. Pada bagian depan, ada lampu yang lebih besar dibandingkan versi terdahulunya. Lampu ini dibekali projector headlamp dengan LED DRL. 

Desain grillnya membuat mobil ini terlihat sporty dengan dua baris dibalut warna chrome. Pindah ke bagian samping, Suzuki SX4 S-Cross memiliki velg ring 16, dengan warna abu-abu pada velgnya. 

Yang unik, warna apapun yang Anda pilih ketika membeli mobil ini, Anda akan tetap mendapatkan warna hitam pada bagian bawah yang membuat mobil ini terlihat gagah dari samping. Desain bagian belakang Suzuki SX4 terlihat macho seperti layaknya SUV. Anda akan mendapatkan spoiler serta sensor parkir 4 titik di bagian belakang. 

Dengan ground clearance 180 mm, tentu cukup tinggi untuk melahap jalanan yang rusak. Panjang mobil ini 4.300 mm dengan tinggi 1.590 mm serta lebar 1.765 mm, secara teknis mobil ini kecil. Namun karna garis desainnya, membuat mobil ini terasa besar layaknya Small SUV.

Fitur dan Interior

Masuk kedalam, mobil ini punya kabin yang cukup luas. Duduk di sisi pengemudi nyaman dan terdapat paddle shift di balik stir pengemudi. Steering switch control pun tidak absen pada mobil ini. Anda dapat mengatur audio, cruise control, serta dapat mengangkat telepon yang terkoneksi dengan bluetooth pada mobil. 

Selain itu, terdapat fitur rain sensor yang akan mendeteksi debit air yang turun untuk mengaktifkan kecepatan wiper. Fitur lain seperti spion yang dapat menutup otomatis, keyless entry dengan engine start/stop button pun hadir pada mobil ini. Pada headunit, Suzuki tidak pelit memberikan fitur-fitur terkini. Terdapat layar 7 inch dengan bluetooth, serta kabel USB, AUX, dan HDMI tersimpan rapih pada konsol box di bagian kiri. 

Desain dari dashboard mobil ini cukup baik. Terlihat elegan dengan warna hitam serta di bagian samping headunit, Anda akan mendapatkan material soft touch, yang mana pada mobil seharga Rp. 259 Juta sangat jarang pabrikan memberikan material soft touch. AC nya sudah digital dengan fitur auto, ditambah spion tengah yang sudah elektrokromatik. Di sisi keamanan, mobil ini dilengkapi dengan 4 buah rem cakram, dual airbag serta mekanisme ABS + EBD yang rasanya sudah cukup lengkap untuk mobil sekelas ini.

Mesin dan Performa

Melirik soal mesin, Suzuki SX4 S-Cross menggunakan mesin M15A VVT 1.5L yang dapat menghasilkan tenaga 109 hp @ 6000 rpm dan torsi 138 nm @ 4400 rpm. Mesin ini merupakan mesin legendaris milik Suzuki, yang dulu pernah dipakai pada Suzuki Aerio dan Baleno. Mesin ini sudah cukup tua, dimana awal kemunculannya yaitu pada tahun 2000. Namun mesin ini sudah terlampau canggih pada masanya sehingga, mobil ini punya akselerasi yang cukup menyenangkan untuk dikendarai. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan sensasi mesin Suzuki Baleno atau Suzuku Aerio, tentunya tidak akan merasa canggung dengan performa mesin ini. Dari kecepatan 0-100 km/jam dibutuhkan waktu 13,1 untuk mencapai akselerasi penuh.

Melihat desain, fitur serta performa pada mobil ini, sepertinya cukup tepat jika Suzuki SX4 S-Cross disebut sebagai mobil small SUV andalan Suzuki. Mobil ini punya potensi dengan fitur dan harga yang ditawarkan. Tidak heran bila banyak orang yang mengambil paket kredit mobil suzuki SX-4 S Cross karena mobil tersebut lebih murah dibanding mobil pesaingnya dari Toyota yaitu Toyota Rush atau Chevrolet Trax. (jpg)

Sponsored Content

loading...
 TOP