Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Yusril Siap Jadi Kuasa Hukum Para Tersangka Makar

| editor : 

Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra (Dok JPNN)

JawaPos.com - Pengacara kondang Yusril Ihza Mahendra serius menangani kasus dugaan makar yang dituduhkan kepada aktivis Ratna Sarumpaet dan Rachmawati Soekarnoputri. 

Apalagi, kini dia resmi ditetapkan sebagai kuasa hukum dua orang yang ditangkap Polda Metro Jaya menjelang aksi super damai 2 Desember 2016.

"Saya coba lihat persoalan ini secara jernih karena Ibu Ratna dan Mbak Rachma sudah menunjuk saya sebagai kuasa hukum, penasehat hukum beliau, akan saya tangani kasus ini dengan sebaik-baiknya‎," tutur Yusril di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (4/12).

Pakar hukum tata negara itu tak menutup kemungkinan untuk menjadi kuasa hukum terduga makar lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Sejauh ini, Yusril mengaku belum bertemu dengan pihak-pihak tersebut.

"Tapi kalau mereka minta, saya akan tangani," tegas dia.

Untuk tiga orang lainnya, yakni aktivis Sri Bintang Pamungkas, Rizal Kobar, Jamran yang disangka melanggar UU ITE dan masih ditahan, Yusril akan mengupayakan mereka dibebaskan.

"Tiga orang masih ditahan, ‎kami akan upayakan mereka agar segera dibebaskan, karena itu terkait ITE," sebutnya.

Sementara dia berpendapat, penangkapan terhadap sejumlah tokoh pada 2 Desember 2016 itu merupakan upaya preventif yang dilakukan pihak Kepolisian.

"Supaya demo atau aksi damai berlangsung tertib, tidak terjadi apa-apa. Lalu mengambil langkah preventif sejumlah tokoh ditangkap. Walaupun mereka tidak ditangkapi, belum tentu terjadi apa-apa juga," pungkas Yusril.(dna/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP