Senin, 25 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Finance

Majukan Pendidikan, UI-BNI Luncurkan Investasi Reksadana

| editor : 

foto bersama saat peluncuran Reksa Dana BNI-AM Makara Investasi

foto bersama saat peluncuran Reksa Dana BNI-AM Makara Investasi (Rieska/JawaPos.com)

JawaPos.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis secara resmi meluncurkan Reksadana BNI-AM BNI Asset Management (BNI-AM) Makara Investasi yang merupakan sebuah produk investasi sebagai upaya menggalang Dana Abadi UI.

Reksa Dana BNI-AM Makara Investasi merupakan Reksadana jenis Pendapatan Tetap dengan asset dasar minimum 80% di surat utang (obligasi) baik pemerintah maupun korporasi (BUMN/Swasta) dengan minimal ratting A untuk swasta, A- untuk BUMN dan maksimal 20 persen pada instrument pasar uang dan atau deposito.

Produk Investasi BNI-AM Makara Investasi ini hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dana abadi UI serta dapat juga dinikmati oleh investor reguler secara umum. Para investor dapat menyalurkan dana investasinya dengan memilih satu dari empat fitur produk yaitu investasi platinum (sumbangan murni didonasikan untuk UI), investasi gold (100 persen pokok tetap milik investor namun 100 persen hasil investasi didonasikan kepada UI).

Selain itu investasi silver (100 persen pokok tetap milik investor namun 50 persen hasil investasi didonasikan untuk UI) dan investasi reguler (Investasi umum atau 100 persen pokok serta hasil investasi milik investor) dengan jumlah minimum investasi sebesar Rp 100.000, sehingga terbuka bagi masyarakat umum.

Untuk kemudahan berinvestasi, para investor dapat mengakses laman www.bimainvest.id. Per 1 Desember 2016, dana Asset Under Management (AUM) untuk BNI-AM Makara Investasi yang terkumpul mencapai 225 Miliar Rupiah.

BNI Asset Management (BNI-AM) merupakan salah satu pelopor bisnis asset management di Indonesia, dimana saat ini BNI-AM menduduki peringkat 7 pada League Table Manajer Investasi Indonesia dengan total Asset Under Management (AUM) kurang lebih 17 triliun rupiah dan bertumbuh pesat sebesar 250% sejak spin of dari BNI Securities Juli 2011. Bentuk kerjasama ini merupakan dukungan dan komitmen BNI-AM untuk pengembangan sektor pendidikan di Indonesia.

"Kami memiliki visi menjadi universitas unggul di Asia Tenggara yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang inovatif dan memberikan solusi akan permasalahan bangsa serta bersaing di tingkat global," kata Anis dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12).

Maka sebagai wujud perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara, UI mengupayakan menggalang dana secara mandiri guna menunjang pelaksanaan kegiatan pengajaran, pendidikan dan pengabdian masyarakat dan khususnya memenuhi kebutuhan dukungan biaya pendidikan (beasiswa) bagi mahasiswa yang membutuhkan.

Di lain sisi, kata Anis, UI tidak ingin bergantung pada Biaya Operasional Pendidikan atau uang kuliah yang dibayarkan tiap semester oleh mahasiswa.

"Untuk itu, UI menciptakan program Reksadana ini untuk menghimpun dana dari masyarakat dan alumni selaku investor dukungan dari masyarakat, alumni serta perusahaan dapat membantu UI dalam upaya memberikan pendidikan terbaik dan berkualitas bagi anak bangsa," jelas Anis. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP