Sabtu, 23 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Piala AFF 2016

Kartu Kuning Tiga Pemain Timnas Indonesia Dihapus di Semifinal

| editor : 

Beberapa pilar penting akan diputihkan kartu kuningnya

Beberapa pilar penting akan diputihkan kartu kuningnya (Jawapos)

JawaPos.com - Timnas Indonesia tak perlu takut kehilangan tiga pemain andalan akibat kartu kuning pada laga pamungkas Grup A melawan Singapura. Pasalnya, berdasarkan regulasi Piala AFF 2016, kartu kuning untuk ketiganya sudah diputihkan di semifinal.

Regulasi Piala AFF memastikan bahwa mereka akan menghapuskan satu kartu kuning yang didapatkan semua pemain pada babak grup.

Dalam artikel 15.3 tentang peringatan dan pengusiran pemain disebutkan: Poin 15.3.2. Setiap pemain yang berpartisipasi yang melalui fase grup yang mendapat satu (1) kartu peringatan (kuning) tak akan diberlakukan lagi peringatan itu di semifinal."

Artinya, hampir semua tim bisa memainkan andalannya kecuali mereka yang memang mendapat kartu merah atau dua kartu kuning terlebih dulu di babak grup.

Semua pemain yang hanya punya rekor satu kartu kuning akan diputihkan. Sebagai contoh Indonesia.

Yanto Basna dan Fachruddin dipastikan tak bermain karena sudah mendapat dua kartu kuning di babak grup.

Tapi, pemain dengan satu kartu kuning seperti Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas bisa dipastikan tampil dengan maksimal.

Meski begitu, jika ada pemain yang mendapat dua kartu kuning di dua leg semifinal, dia tentunya tak akan bermain di laga puncak sesuai regulasi normal. (rap/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP