Selasa, 23 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolis

Belajar Bahasa Isyarat Signalong di Sekolah Inklusif Galuh Handayani, Fokus Anak Autis Lebih Baik

| editor : 

PEMBIASAAN: Siswa SMA Galuh Handayani bernyanyi sambil mempraktikkan bahasa isyarat Signalong Senin (14/11) saat mengikuti apel pagi.

PEMBIASAAN: Siswa SMA Galuh Handayani bernyanyi sambil mempraktikkan bahasa isyarat Signalong Senin (14/11) saat mengikuti apel pagi. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com Sebagai sekolah inklusi, Galuh Handayani memiliki banyak anak berkebutuhan khusus (ABK). Bahkan, jumlahnya melebihi siswa reguler.

Karena itu, materi pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak tersebut. ABK yang paling banyak di Galuh Handayani adalah siswa autis.

Anak-anak tersebut sering mengalami kesulitan untuk membina hubungan sosial, berkomunikasi, bahkan memahami perasaan orang lain.

Salah satu hal yang mudah direspons anak autis adalah gerakan. Mereka tidak bisa diajak berkomunikasi hanya dengan ucapan. Namun, dengan gerakan mereka bisa lebih fokus memperhatikan ke arah lawan bicara.

Penggunaan Signalong selama dua tahun terakhir pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terbukti meningkatkan fokus anak autis. Meski tidak dibuktikan secara persentase, itu bisa terlihat dalam keseharian mereka.

Menurut Ketua Yayasan Galuh Handayani Sri Sedyaningrum, guru yang menggunakan gerakan saat mengajar di kelas lebih banyak mendapat perhatian anak-anak autis.

Sementara itu, mereka yang hanya berbicara cenderung tidak didengarkan. ’’Semua pelajaran yang bisa pakai Signalong sebisa mungkin kami masukkan bahasa isyarat itu,’’ terangnya.

Begitu pula halnya saat berada di luar kelas. Meski tampak tidak memperhatikan orang-orang di sekitarnya, mereka sudah bisa berkomunikasi secara sederhana.

Misalnya, memberikan isyarat terima kasih kepada orang yang membantunya. ’’Meski mengucapkannya sambil lari, setidaknya dia sudah bisa menunjukkan cara berkomunikasi,’’ tuturnya. (ant/c19/nda/sep/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP