Selasa, 17 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Raja Landak Tutup Usia, Keraton Ismahayana Berkabung

| editor : 

Raja Landak Tutup Usia, Keraton Ismahayana Berkabung

Raja Landak Tutup Usia, Keraton Ismahayana Berkabung (Rakyat Kalbar/JawaPos.com)

JawaPos.com - Raja Landak Drs. H. Gusti Suryansyah Ismahayana wafat, Jumat (14/10) sekitar pukul 15.30 di Rumah Sakit Santo Antonius (RSSA) Pontianak. Almarhum akan dimakamkan di Mempawah hari ini (15/10).

Menentukan lokasi pemakaman Sang Raja, kerabat Keraton Ismahayana Landak menggelar musyawarah kecil, Jumat sore. Kerabat mengundang Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Landak dan tokoh masyarakat Melayu Ngabang di Keraton Ismahayana.

Hasil musyawarah, disepakati almarhum Gusti Suryansyah dimakamkan di Mempawah. Kesepakatan itu juga sesuai dengan permintaan keluarga almarhum. Kerabat Keraton Ismahayana Landak bersama pengawal raja berangkat ke Mempawah tadi malam.

Kerabat keraton mempersilahkan masyarakat Landak menghadiri pemakaman Gusti Suryansyah Iswaramahayana di Mempawah. Salah seorang kerabat Keraton Ismahayana Landak, Hermansyah menyesalkan, Sang Raja dimakamkan di Mempawah. Dia berharap pemakaman almarhum Gusti Suryansyah dilakukan di Ngabang.

“Kami dari pihak keluarga keraton turut berbelasungkawa. Apalagi almarhum Gusti Suryansyah merupakan Raja Landak. Tapi kita juga menyesalkan mengapa jenazah dimakamkan di Mempawah, tidak di Ngabang,” ujar Hermansyah di Keraton Landak, Jumat (14/10).

Menurutnya, masyarakat Melayu Landak banyak yang mengharapkan almarhum Gusti Suryansyah dimakamkan di Ngabang.

“Tapi ada yang lebih berhak untuk menentukan pemakaman beliau. Almarhum Gusti Suryansyah masih punya keluarga dan ibu kandung yang masih hidup. Mau tidak mau kita mengikuti apa yang disarankan oleh keluarga almarhum, untuk dimakamkan di Mempawah,” kata Hermansyah. (antonius/yuz/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP