Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Bisnis

Aqua Intimidasi Pedagang, Le Minerale Layangkan Somasi

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (dok.Jawapos.com)

JawaPos.com - PT Tirta Fresindo Jaya selaku pemilik merek dagang Le Minerale, produk air minum dalam kemasan (AMDK), mengambil langkah tegas. 

Belum lama ini, mereka melayangkan somasi kepada pihak PT Tirta Investama alias Aqua. Itu menyusul adanya perlakuan intimidasi terhadap para pedagang AMDK di lapangan. 

Hasil temuan mereka, sejumlah pedagang mengalami tindakan tak menyenangkan lantaran dipaksa untuk tidak menjual produk Le Minerale.

"Ini adalah bentuk pembelaan kami kepada para pedagang AMDK. Pedagang punya hak dan kebebasan untuk menjual produk yang mereka sukai, tanpa ada ancaman serta tekanan dari pihak manapun," ujar Kuasa Hukum PT Tirta Fresindo Jaya, Suyanto Simalango Patria dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Kamis (6/10). 

Suyanto menjelaskan, surat somasi tersebut ditujukan kepada PT Tirta Investama atas praktik persaingan tidak sehat dan monopoli. 

"Sudah kami muat di sejumlah surat kabar nasional. Kami ingin memberikan edukasi juga kepada para pedagang bahwa praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat itu melanggar hukum dan sudah diatur dalam undang-undang," jelas dia. 

Sebelumnya, sejumlah pedagang AMDK di Jabodetabek dan beberap wilayah lainnya mengeluhkan tindakan Aqua. Mereka dilarang menjual produk Le Minerale. 

Peringatan ini disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada para pedagang. Di wilayah Jakarta, Bekasi, Cikarang, Cileungsi. Bahkan seluruh Jawa Barat dan diperkirakan dijalankan secara nasional. 

Beberapa toko mendapatkan surat elektronik dan telah meneken surat sosialisasi dari produsen Aqua dan afiliasinya yang melarang pedagang menjual produk Le Minerale.

Jika para pedagang tersebut masih nekat menerima dan menjual produk Le Minerale, status Star Outlet (SO) pedagang minuman yang mempunyai armada penjualan 5000 galon dan 500 karton perbulan, diturunkan menjadi whole seller bahkan retail.

”Sekarang saya merasa senang setelah pihak Le Minerale menyomasi secara terbuka. Saya jadi tenang, saya tidak diintimidasi lagi. Dengan adanya peristiwa ini, saya jadi belajar," ujar Indra, salah seorang pemilkik Toko di Jalan Raya Bogor, Kamis (6/10). 

"Ternyata pedagang itu punya hak-hak untuk berdagang. Ada undang-undang yang mengatur. Sekarang saya tenang, apalagi pihak Le Minerale memperhatikan nasib kami,”pungkasnya.(mam/JPG) 

Sponsored Content

loading...
 TOP