Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

Bhayangkari Pusat Bagikan Akta Kelahiran Gratis dan E-KTP

| editor : 

Bhayangkari Pusat Bagikan Akta Kelahiran Gratis dan E-KTP

Bhayangkari Pusat Bagikan Akta Kelahiran Gratis dan E-KTP (Elfani Kurniawan/JawaPos.com)

JawaPos.com - Bhayangkari Pusat menggelar kegiatan pembagian akta kelahiran dan E-KTP secara gratis. Kegiatan ini membantu Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta mendata tingkat partisipasi warga DKI.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Tri Suswati Karnavian selaku Ketua Umum Bhayangkari dan juga istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian di kawasan Rusunawa Marunda, Cilincing Jakarta Utara.

Di sana turut hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan dan Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar.

Tri Karnavian mengatakan, selain pembagian akte kelahiran dan E-KTP, mereka juga membagikan sembako dan melayani perpanjangan Surat Izin Mengemudi gratis.

"Ini adalah kegiatan dari Hari Kerja Gerakan Bhayangkari yang ke-64. Kita ada program untuk masyarakat di mana kita laksanakan pembuatan E-KTP, akte kelahiran dan perpanjangan SIM gratis," kata dia di lokasi, Kamis (29/9).

Dia menjabarkan, jumlah warga yang dibagikan akte kelahiran di kawasan Rusunawa Marunda ini sekitar 1.000 orang dan E-KTP sekitar 1.200 orang.

"Tapi kami juga menggelar kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia," ucapnya.

Dia juga menambahkan, sebelum menggelar kegiatan bakti sosial ini, pada beberapa waktu lalu mereka menyambangi Kabupaten Garut dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam di sana.

Sementara Kadisdukcapil DKI Jakarta Edi Sianturi mengatakan, DKI Jakarta mencatat partisipasi pembuatan akta kelahiran masih terdata 84 persen. "Tapi dengan adanya kegiatan ini, bertambah satu persen menjadi 85 persen," ucapnya.

Lalu untuk partisipasi pendataan E-KTP, Edison menerangkan, DKI Jakarta mencatat dari total seluruh penduduk yang ada sudah 97 persen yang terdata E-KTP.

"Sisanya yang belum terdata, saya yakin ada di luar negeri, lalu sibuk berdagang ke mana-mana sehingga tak sempat mendata," beber dia.

Dia juga menyebutkan, kegiatan perekaman data E-KTP dan pembagian akta dilaksanakan serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Di lapangan Polda Metro, di jajaran polres semuanya melakukan hal ini," timpalnya. (elf/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP