Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Dunia

EURO 2016

Wow! Ada Program yang Akurat Prediksi Pertandingan Euro 2016

| editor : 

Kickoff.ai memprediksi semua pertandingan di Euro 2016.

Kickoff.ai memprediksi semua pertandingan di Euro 2016. (Kickoff.ai)

JawaPos. com - Banyak cara untuk menebak hasil pertandingan sepak bola. Teranyar, diperkenalkan program kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang disebut Kickoff.ai, untuk memprediksi hasil setiap pertandingan di Euro 2016. Sebagian besar akurat!

Sebelumnya, pada setiap turnamen akbar acap kali muncul binatang peramal. Semua dimulai sejak gurita bernama Paul menebak dengan akurat hasil pertandingan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, termasuk memprediksi Spanyol menjadi juara.

Sejak saat itu, kian banyak jenis binatang lain yang mendadak dijadikan peramal. Gajah, burung nuri, unta, kuda, dan banyak lagi. Namun, tak semua orang yang masih memercayai ramalan para binatag itu.

Alhasil, kini sekelompok orang mencoba hal baru yang lebih cerdas. Melalui Kickoff.ai, sebuah program kecerdasan buatan diciptakan untuk menebak hasil setiap pertandingan Euro menggunakan pelbagai aspek.

Program itu muncul dilatari kian banyaknya organisasi yang mencoba untuk memprediksi hasil pertandingan sepak bola dan turnamen internasional. Misalnya, pada Piala Dunia 2014, dipublikasikan secara luas prediksi dari Goldman Sach, UBS, Wolfram Research, Yahoo, dan banyak lainnya.

Biasanya, prediksi ini bergantung pada model matematika dari pertandingan sepak bola. Model ini dapat menggunakan data tentang pertandingan terakhir tim nasional untuk dikonfrontasi dengan meramalkan masa depan.

Sementara di Kickoff.ai, ada tiga orang peneliti dari EPFL’s Computer Communications and Applications Laboratory, yang menggunakan kombinasi data mining dan mesin-belajar algoritma untuk membuat prediksi seakurat mungkin.

Kickoff.ai juga menggunakan model matematis (statistik) dari pertandingan sepak bola, tetapi dengan dua perbedaan utama yang memiliki potensi untuk lebih meningkatkan prediksi, antara lain: Menggunakan model performa individu pemain, dan Menggunakan inferensi Bayesian.

"Banyak situs bertujuan untuk memprediksi pemenang dari pertandingan sepak bola, tapi mereka menarik dari data kinerja pada masa lalu masing-masing negara. Metode kami menggunakan data masing-masing pemain dalam tim. Itu memperluas set data kami ke ribuan permainan," ucap Victor Kristof, salah satu dari tiga pengembang Kickoff.ai.

Lanjutnya, "Tapi AI bukan hanya model statistik karena menggunakan 'metode Bayesian' serta untuk menghitung bobot setiap pemain berdasarkan tingkat ketidakpastian dalam prediksi."

"Jerman melawan Islandia, misalnya, Probabilitas Jerman menang sangat tinggi di atas kertas. Tapi Islandia tidak pernah lolos ke putaran final kejuaraan Eropa, dan karena itu bisa bermain lebih baik daripada biasanya. Itu diperhitungkan dalam pembobotan yang digunakan untuk prediksi kami," sahut pengembang lainnya, Lucas Maystre.

Lalu, apakah prediksi Kickoff.ai memang benar-bena terbukti akurat? Cek saja daftar prediksi mereka di bawah ini, atau versi detailnya di situs kickoff.ai:

Sponsored Content

loading...
 TOP