Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Politik

Pimpinan DPR Tegaskan Kenaikan Tunjangan Tergantung Keputusan Pemerintah

| editor : 

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. (Foto: dokumen JPNN.Com)

JawaPos.Com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyatakan bahwa keputusan akhir tentang kenaikan tunjangan bagi para wakil rakyat ada di tangan pemerintah. Politikus Partai Demokrat itu membantah pernyataan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bahwa jadi atau tidaknya kenaikan tunjangan itu tergantung DPR sebagai pengguna anggaran.

 

Agus mengatakan, Menkeu memang telah mengeluarkan surat tentang usul kenaikan tunjangan bagi DPR. "Apa ini dilaksanakan atau tidak, itu tergantung pemerintah," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/9).

Menurutnya, kenaikkan tunjangan DPR masuk ke dalam Aggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBNP) 2015. Agus menegaskan saat penyusunan APBN tentu ada peran Menkeu.

Sedangkan pihak yang membuat usulan kenaikan tunjangan dewan adalah Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR. Agus menegaskan bahwa Setjen DPR juga merupakan kepanjangan yangan pemerintah.

"Setjen kepanjangan tangan pemerintah‎. Kita lihat ini kan bukan DPR saja, tapi pejabat pemerintah lain," ucapnya.

Untuk itu Agus meminta agar kenaikkan tunjangan itu tidak dieksekusi. Menurutnya, Menkeu perlu membatalkan surat keputusannya. Kalaupun Oktober dicairkan, Agus meminta agar sekretaris jenderal DPR tidak menurunkan anggaran tersebut. "Untuk itu, kami menghimbau seyogianya pencairan dana tersebut ditunda," tandasnya.(dna/JPG)

 

Sponsored Content

loading...
 TOP