Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Bisnis

Anggota DPR Nasdem Dukung Minol A Dijual Bebas

| editor : 

Patrice Rio Capello

Patrice Rio Capello (dok.JPNN)

JawaPos.com – Deregulasi peraturan Menteri Perdagangan tentang penjualan dan peredaran minuman beralkohol (Minol) Golongan A tak selamanya ditentang.
Anggota Komisi III DPR Patrice Rio Capella  setuju revisi aturan penjualan minuman beralkohol golongan A di toko atau minimarket. Alasan Rio, minol golongan A dengan kandungan 5 persen bukan kategori minuman keras (miras)

"Setahu saya minol yang kadar alkoholnya 30-40 persen itu baru disebut miras," ujarnya disela-sela rapat konsolidasi pemilu Partai Nasdem di Jakarta, Senin (21/9).

Dia menambahkan, minol golongan A itu juga tidak akan membuat seseorang yang mengkonsumsi mabuk atau membuat rusuh. "Kalau minum sebaskom baru mabuk. Gendut iya. Kalau habis makan daging minum bir itu juga biasa," cetusnya.

Rio meminta para pihak yang melarang adanya pengadaan dan peredaran minol golongan A itu jangan terlalu berlebihan. "Jadi jangan terlalu lebay dan merasa gawat, nggak juga lah," ucapnya.

Dia menuturkan, pihaknya juga bakal tidak menyetujui bila yang dibebaskan minol berakadar alkohol 40 persen alias minol golongan C. "Kalau minol yang dijual berkadar 40 persen, baru saya setuju dilarang," katanya.

Kendati, ia menyetujui adanya pengadaan dan peredaran minol golongan A juga harus diatur tempat penjualannya. "Misalnya, dijual di restoran, tidak boleh dibeli anak usia sekolah, itu fine. Jangan babat semua, kasian juga," sambungnya.

Sekjen Partai Nasdem itu menambahkan, warung-warung yang menjual minol golongan A juga harus diatur.

Persoalan miras mencuat, setelah adanya kebijakan deregulasi paket kebijakan ekonomi September I oleh Presiden Joko Widodo.

Kementerian Perdagangan bakal melakukan deregulasi Permendag No.6/M-DAG/PER/1/2015 tentang pendengalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan perizinan minuman beralkohol. (rka/jpg)

Sponsored Content

loading...
 TOP