Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Hankam

Gayus Bisa Keluyuran, Bang Ruhut Curiga Ada Udang di Balik Bakso

| editor : 

Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul.

Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul. (Foto: dokumen JPNN.Com)

JawaPos.Com - Foto seorang pria bermuka mirip Gayus Tambunan yang sedang berada di sebuah restoran beredar di media sosial. Fotonya terlihat tengah bersama seorang perempuan berkerudung dan dua gelas minuman di sebuah meja bernomor 21.

 

Foto itu pertama kali diunggah ke sebuah blog komunitas. Namun, fotonya kemudian menyebar secara viral setelah diunggah oleh akun Baskoro Endrawan di Facebook pada haru Sabtu (19/8) pukul 18.25.

Kabar tentang Gayus keluyuran itu menjadi perhatian Komisi III DPR yang membidangi hukum. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengaku heran karena Gayus yang harusnya menjadi narapidana di LP Sukamiskin Bandung bisa keluyuran. "Itu gak boleh," katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/9).

Menurutnya, kalau sampai benar Gayus bisa makan di restoran, maka pengawalnya dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan maupun kepolisian pasti melanggar standar prosedur operasi.  Sebab, jika benar Gayus menjadi saksi di Pengadilan Jakarta Utara, mestinya tidak ke lokasi lain. "Ketentuan protap (prosedur tetap) gak boleh," tandas Ruhut.

Ia bahkan menduga pengawal Gayus sudah disogok. Dengan demikian, narapidana korupsi pajak itu bisa melenggang ke restoran dan bahkan berfoto.

"Itu pasti ada udang di balik bakso. Pasti ada uangnya," sebutnya.

Oleh karena itu, Ruhut meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menindak pihak-pihak yang membiarkan narapidana berlaku seenaknya. Pasalnya, kejadian seperti yang dilakukan gayus kerap kali terjadi.

"Menkumham jangan pangku tangan. Kalau sudah ada kejadian baru ditangani. Sidak setiap hari," tuturnya.(dna/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP