Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Hankam

Menhan Ingin Perbanyak Penempatan Alutsista di Sekitar Laut China Selatan

| editor : 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam rapat kerja di Komisi I DPR, Senin (21/9).

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam rapat kerja di Komisi I DPR, Senin (21/9). (Foto: Ricardo/JPNN.Com)

JawaPos.Com - Konflik yang terjadi di Laut China Selatan menjadi perhatian serius Kementerian Pertahanan menjadi salah satu fokus dari Kementerian Pertahanan. Meski Indonesia tidak terlibat dalam konflik yang melibatkan enam negara itu, namun Kemenhan tetap perlu mengantisipasinya.

 

"Kita prioritaskan untuk hadapi ancaman di Laut China Selatan," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/9).

Ia menjelaskan, konflik di Laut China Selatan bermuara pada kepentingan Amerika Serikat maupun Tiongkok. Negara di kawasan Asia Tenggara yang terlibat dalam konflik Laut China Selatan pun juga berpihak ke AS ataupun ke Tiongkok.

Menurutnya, kondisi itu bisa menimbulkan perang di sekitar kawasan. Oleh karena itu, Indonesia sebagai negara netral ‎perlu mengantisipasinya.

"Kalau berblok-blok begitu, bisa perang. Di situ lagi panas, masa kita diam-diam saja‎," tandasnya.

‎Sebagai langkah antisipasi, Ryamizard mengusulkan agar Indonesia membangun landasan pesawat tempur di pulau-pulau terluar Indonesia di sekitar Laut China Selatan. Sebab, Indonesia sudah punya pesawat tempur yang perlu disiagakan di kawasan sekitar Laut China Selatan.

"Alutsista (alat utama sistem persenjataan, red) sudah ada, tapi kita perlu landasan baru. Penting, Di laut Cina Selatan," serunya.

Mantan Kepala Staf TNI AD itu menambahkan, landasan udara yang sudah tersedia sebelumnya juga perlu diperbaiki. "Banyak lubang, tidak ada lampu pengarah. Pesawat Hercules bisa landas, kalau pesawat tempur tidak bisa," ‎ujarnya dengan nada miris.

Selain itu Ryamizard juga mengusulkan pembangunan dermaga di sekitar Laut China Selatan yang bisa disinggahi kapal berukuran besar. "Yang ada masih kayu,‎ sudah reot," imbuhnya.(dna/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP