Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
JPG Today

46 Pencuri Ikan Asal Vietnam Ini Segera Dideportasi

| editor : 

Sejumlah ABK Vietnam yang tertangkap beberapa waktu lalu.

Sejumlah ABK Vietnam yang tertangkap beberapa waktu lalu. (Pontianak Post/JawaPos.com)

JawaPos.com--Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Kalbar menyerahkan 46 anak buah kapal (ABK) asal Vietnam ke kantor Imigrasi, Senin (21/9) pagi. Mereka akan dideportasi ke negara asal. 

Nelayan-nelayan Vietnam itu merupakan ABK yang ditangkap Kapal Patroli Hiu Macan 001 saat mencuri ikan di Zona Ekonomi Eksekutif (ZEE) Indonesia pada 7 September 2015.  

"Mereka bukan nakhoda atau juragan sehingga tidak dikenakan jeratan hukum. Kami limpahkan ke Imigrasi untuk proses deportasi,” kata Kepala Unit Awak Kapal Tangkap PSDKP, Fredy S Asra.

Semua nelayan tersebut sebelumnya telah diperiksa intensif dan berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Pontianak. “Kondisi mereka sehat dan siap dideportasi,” ujar Fredy. 

Begitu tiba di Kantor Imigrasi, para ABK tersebut didata. Ada empat orang di antara mereka yang masih di bawah umur, yaitu Tran Van Len dan Nguyen Van Hoang berusia 14 tahun, serta Loung Van berusia 15 tahun dan Danh Vu Phoung berusia 16 tahun. 

 

Kasubsi Pengawasan Imigrasi kelas I Pontianak Rosinawati, menyebutkan, seluruh ABK ini akan dideportasi secepatnya jika semua berkas-berkas dan persyaratan telah selesai. “Menunggu itu, sementara kita tampung di Rudenim,” ujarnya.(arf/jpg)

Sponsored Content

loading...
 TOP