Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Hankam

Ternyata... Setya Novanto Bawa Istri ke AS dengan Biaya Negara

| editor : 

Ketua DPR Setya Novanto berbincang dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon (membelakangi kamera) dalam sebuah kesempatan di ruang kerja pimpinan DPR RI.

Ketua DPR Setya Novanto berbincang dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon (membelakangi kamera) dalam sebuah kesempatan di ruang kerja pimpinan DPR RI. (Foto: dokumen JPNN.Com)

JawaPos.Com - Aroma tak sedap dalam kunjungan kerja Ketua DPR Setya Novanto dan wakilnya, Fadli Zon ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu makin terlihat. Ternyata, Setya membawa serta istri engan biaya negara. Waduh…

 

Tentang ikut sertanya istri Setya dalam rombongan DPR ke AS itu terungkap dari pengakuan Sekretaris Jenderal DPR, Winantuningtyastiti. "Istri ketua DPR dibiayai, istri wakil ketua dibiayai," ungkapnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/9).

Namun, Win -sapaan akrab Winantuningtyastiti- hanya untuk pimpinan DPR saja yang istrinya dibayari negara. Sebab, negara tidak membiayai akomodasi bagi istri anggota DPR yang ikut dalam lawatan ke AS itu.  "Itu biaya sendiri," sebutnya singkat.

‎Di sisi lain, Ketua Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) Surahman Hidayat mengatakan, pimpinan di lembaga wakil rakyat itu memang diperbolehkan membawa istri saat melawat ke luar negeri. Keikutsertaan istri pimpinan DPR pun ditanggung negara.

Namun, hanya istri saja yang diperbolehkan. Sebab, jika mengajak anak, maka harus harus merogoh kocek pribadi.

Politikus PKS itu menjelaskan, ada sejumlah anggota yang memang bukan termasuk protokol maupun anggota Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKASP)‎ dalam kunjungan Setya Novanto ke AS. Namun, anggota rombongan itu dipilih langsung oleh BKSAP untuk membantu para delegasi khususnya dalam program International Parliamentary Union (IPU).

"Programnya kan ada di acara IPU. Ada perdebatan yang spesifik, perlu sedikit kepakaran. Walaupun tenaga ahli dan back up dari Kemenlu selalu ikut, tapi anggota yang hadir jangan blank-blank ( tak tahu apa-apa, red) banget, soalnya di sana kan ada perdebatan," pungkasnya.(dna/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP