Kamis, 21 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Polri Dalami Saham Asing di Perusahaan Pembakar Hutan

| editor : 

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (Foto: dokumen JPNN.Com)

JawaPos.Com - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengungkapkan bahwa anak buahnya sedang menelusuri keterlibatan asing atas pembakaran lahan dan hutan di Sumatera serta Kalimantan. Menurutnya, Polri akan menyelidiki kemungkinan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembakaran itu milik asing.

 

"‎Nanti kita teliti siapa direksinya, komisarisnya, siapa pemegang sahamnya," ujar Badrodin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/9).

Karenanya Badrodin belum bisa memastikan adanya kepemilikan asing di dalam korporasi yang dicurigai menjadi pembakar lahan dan hutan. "Kita harus teliti dulu, jangan mengatakan itu perusahaan asing," sebut dia.

Namun, kata dia, hari ini sudah ada direksi perusahaan yang tengah diperiksa Bareskim Mabes Polri. Jika ternyata memang ada keterlibatan langsung dari direksi perusahaan untuk memerintahan pembakaran, maka ancaman hukumannya bisa 10 tahun penjara.

Namun, penyidik harus memiliki bukti kuat. ”Harus ada fakta-fakta hukum menguatkan itu, alat buktinya juga," tutur Badrodin.

Lantas, bagaimana dengan hukuman terhadap perusahaannya? Badrodin menegaskan bahwa soal hukuman menjadi kewenangan pengadilan. "Kalau kita kan penyidikan, bawa ke peradilan," pungkasnya.(dna/JPG)

 

Sponsored Content

loading...
 TOP