JawaPos Radar

Cari Rendang Asli Nan Enak? Di Sini Tempatnya

07/06/2016, 15:33 WIB | Editor: Ilham Safutra
Cari Rendang Asli Nan Enak? Di Sini Tempatnya
Rumah Randang Padang (Padang Ekspres/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com PADANG - Beragam cara bagi penggiat kuliner di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mempertahankan rendang, kuliner terbaik dunia yang berasal dari ranah Minang tetap dikenal orang banyak.

Upaya itu dengan membangun Rumah Randang Padang. Rumah ini tempat berkumpulnya beragam jenis rendang asli Minangkabau tersebut.

Beralamat di Jalan Ahmad Yani 53, Kota Padang, Sumbar, Rumah Rendang Padang ini menghadirkan beragam jenis rendang. Mulai dari rendang daging, belut, tuna, jengkol, telur, disiur, putuh, paru, lokan, dan ayam.

Ketua Koperasi IKABOGA Padang, Marnis Baharudin mengatakan, inspirasi dari kehadiran Rumah Randang Padang ini berawal dari ide para pegiat kuliner Minang di bawah naungan Ikaboga Kota Padang.

Pascagempa 2009 lalu, para ahli rendang di Kota Padang hanya memasarkan hasil produksi mereka di outlet Minang Kuliner.

"Outlet tersebut dibentuk dari semangat para ahli rendang Kota Padang untuk membesarkan kembali kuliner mereka," ujar Marnis Baharudin yang dilansir dari Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (7/6).

Kini di Rumah Randang Padang, rendang semakin dilestarikan dengan beragam jenisnya. Bagi pengunjung yang bertandang ke tempat ini mereka mendapat kesempatan untuk menyicipi masing-masing bumbu rendang.

Menariknya lagi rendang yang disajikan pun penuh istimewa, karena tidak menggunakan pengawet sehingga makanan itu bertahan selama 6 bulan.

“Semua rendang dalam kemasan kami istimewa. Sehingga kotak bungkusnya semua berbentuk sama. Pembeli hanya tinggal memilih dengan melihat nama pemilik dan jenis rendang yang tertulis pada kolom putih di samping kotak kemasan rendang tersebut,” ujarnya.

Semua penjual rendang di Rumah Randang ini berasal dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di tempat ini pelaku UMKM tidak saja menyedikan rendang, tapi aneka keripik dan kue basah.

Di Ramadan kali ini, rendang dapat menjadi salah pilihan menu untuk berbuka puasa ataupun sahur. (arie/iil/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up