Kamis, 26 Apr 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

TMMD Percepat Pembangunan di Kalidawir

Tak Ada Jarak Antara TNI, Polisi, dan Pemda

Kamis, 05 Apr 2018 10:07 | editor : Anggi Septian Andika Putra

TMMD Percepat Pembangunan di Kalidawir

TULUNGAGUNG - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, dimulai kemarin (4/4). Acara diawali dengan upacara pembukaan. Pjs Bupati Tulungagung Jarianto hadir dalam pembukaan TMMD tersebut. TMMD juga dihadiri Danrem 081/Dsj Madiun Kolonel Inf Shidarta Wisnu Graha. TMMD melibatkan sekitar 700 personel. Terdiri atas TNI, polisi, dan masyarakat.  

Jarianto mengatakan, TMMD tersebut untuk membantu pembangunan. Terutama di wilayah bermedan sulit. Diharapkan dengan TMMD, bisa membantu perekonomian masyarakat di Kalidawir. Selain itu, agar tidak ada “jarak” antara TNI, polisi, dan pemerintah daerah (pemda). “Semua menyatu dalam rangka bagaimana bisa melayani masyarakat terhadap pembangunan,” ungkapnya.

Danrem 081/Dsj Madiun Kolonel Inf Shidarta Wisnu Graha mengatakan, TMMD merupakan program rutin TNI. Intinya untuk percepatan pembangunan. Di Kalidawir ada beberapa sasaran dalam TMMD itu. Di antaranya jalan, rumah tidak layak huni (RTLH), musala, dan jamban. “Jadi bagaimana agar semua pembangunan lancar,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jarianto bersama Kolonel Inf Shidarta Wisnu Graha juga ikut menanam bibit tanaman. Selain itu, meninjau kondisi jalan yang sudah dirabat oleh Pemkab Tulungagung.

Jarianto juga meninjau pelayanan mobil keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung. Selain itu, juga ada pemberian sembako kepada warga yang membutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Jarianto juga membacakan sambutan dari gubernur Jawa Timur. Intinya, TMMD dilaksanakan serentak di berbagai wilayah. Pusatnya di Jombang. TMMD dilaksanakan selama 30 hari ke depan. Yakni 4 April sampai 3 Mei 2018. Harapannya agar mencapai hasil optimal. TMMD membantu meningkatkan kecepatan pembangunan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menurunkan kemiskinan.

Dalam rangka pelaksanaan TMMD ke-101, pemerintah provinsi dan kabupaten, masyarakat, serta TNI, mendukung penuh melalui kegiatan fisik maupun nonfisik. TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, melainkan juga menumbuhkan semangat percaya diri masyarakat. Itu agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta siap-siaga menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi. (wen/ed/and)

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia