Senin, 20 Nov 2017
radartulungagung
icon featured
Politik

Reses Sartono, Bina Peningkatan Produksi UKM

Rabu, 08 Nov 2017 15:46 | editor : Anggi Septian Andika Putra

MAJU BERSAMA : Sartono Hutomo berfoto bersama warga UKM binaan Desa Dawuhan dan Desa Depok.

MAJU BERSAMA : Sartono Hutomo berfoto bersama warga UKM binaan Desa Dawuhan dan Desa Depok. (Radar Trenggalek)

TRENGGALEK – Masa reses selalu dimanfaatkan dengan maksimal oleh Sartono Hutomo, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (PD) untuk menemui masyarakat di Trenggalek pada Senin (9/11), kemarin.

Sejumlah titik dikunjungi anggota Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, dan BUMN, serta standardisasi nasional ini. Berbagai bantuan sosial pun diserahkan kepada masyarakat setempat.

Bantuan dimulai dari Desa Dawuhan, Kecamatan Trenggalek, tepatnya di Balai Desa Dawuhan. Sartono tidak hanya bertemu dengan masyarakat di Desa Dawuhan, tapi juga warga Desa Depok, Kecamatan Bendungan.

PEDULI UKM : Sartono saat melihat hasil produksi UKM binaan yg membuka bazar di Balai Desa Dawuhan

PEDULI UKM : Sartono saat melihat hasil produksi UKM binaan yg membuka bazar di Balai Desa Dawuhan (Radar Trenggalek)

Sartono yang hadir, didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Trenggalek Mugianto, disambut perangkat desa dan para ibu yang tergabung dalam UKM binaan yang menggelar bazar dengan menjual beraneka macam hasil produksi, mulai dari aneka makanan dan minuman maupun kerajinan tangan.

Sartono begitu antusias melihat banyaknya makanan dan minuman yang dijual. Tak segan, Sartono dan tim yang datang pun incip–incip olahan warga ini. Senyum pun mengembang begitu makanan yang disajikan ternyata cocok di lidah rombongan Sartono. Bazar juga diserbu masyarakat sekitar yang terlihat memborong dagangan.

Pada kesempatan tersebut, Sartono mengajak berdialog secara non formal dengan warga. “Untuk produk lokal ini sudah bagus ya, makanannya sehat, serta jauh dari obat-obatan dan pengawet. Jadi, layak dikonsumsi,” ucap Sartono mengawali dialog dengan warga.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan warga untuk menanyakan berbagai hal, mulai dari kesulitan permodalan, pengajuan untuk pasar desa, bantuan kelompok yasinan, dan sebagainya. Dengan telaten, pria kelahiran Pacitan, 16 Agustus 1963 ini pun menjawab, sekaligus memberikan arahan bagi keberlangsungan usaha kecil warga.

Sesuai dengan bidang komisinya, Sartono mengatakan mengenai pentingnya pembinaan UKM, baik itu untuk peningkatan kualitas, produktivitas dan pemasarannya. “Memang untuk permasalahan usaha pada permodalan. Jadi, akan kita koordinasikan bagaimana agar bisa terbantu lewat KUR (kredit usaha rakyat). Kemudian, juga bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas melalui pengemasan,” ucap Sartono.

Usai dari Desa Dawuhan, tim Sartono bergeser ke Desa Sukosari, bersilaturahmi dengan empat kelompok tani dan gapoktan (gabungan kelompok tani), serta meninjau PKBL (program kemitraan dan bina lingkungan) bantuan segaram jamaah yasin Darul Ihsan, Desa Sukosari.

Berikutnya, memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Yayasan Azzaitun Desa Gondang, Kecamatan Tugu. (tin/ed/and)

(rt/ang/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia