Sabtu, 25 Nov 2017
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Ribuan Peserta Mengikuti Tulungagung Ngonthel Turonggo

Tempuh Rute 20 Kilometer

Senin, 06 Nov 2017 09:35 | editor : Anggi Septian Andika Putra

SEMANGAT: Bupati Syahri Mulyo dan Wabup Maryoto Birowo memimpin rombongan peserta Tulungagung Ngonthel Turonggo, kemarin (5/11).

SEMANGAT: Bupati Syahri Mulyo dan Wabup Maryoto Birowo memimpin rombongan peserta Tulungagung Ngonthel Turonggo, kemarin (5/11). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Ribuan peserta se-eks Karesidenan Kediri maupun dari daerah lain, kemarin (5/11), tumplek bleg memenuhi halaman Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa. Mereka mengikuti kegiatan Tulungagung Onthel Turonggo Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto.

Agenda ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-812. Para peserta menempuh rute sepanjang sekitar 20 kilometer yang melintasi wilayah pinggiran hingga finish kembali di halaman pendapa.

Bupati Syahri Mulyo dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi acara tersebut. Sebab diakuinya, saat ini para penggila sepeda kuno begitu luar biasa. Padahal, beberapa tahun yang lalu, komunitas itu masih bisa dihitung dengan jari.

Namun sekarang, para penggila sepeda kuno sudah meluas hingga seluruh pelosok. "Acara seperti ini memang bagus sekali karena bisa menyambung silaturahmi sekaligus menjaga kesehatan," katanya.

Syahri-sapaan akrabnya menyatakan, menjadi pehobi sepeda kuno itu menguntungkan. Sebab, beberapa dekade silam, harga sepeda kuno di pasaran hanya jutaan rupiah. Namun, saat ini sudah jauh berbeda karena harganya sudah melejit hingga puluhan juta rupiah. "Banyak keuntungan yang didapat dari sepeda kuno," terang mantan Anggota DPRD Provinsi Jatim ini.  

Suami Wiwik Wijayanti ini berharap agenda serupa bisa terus berlangsung pada tahun-tahun yang akan datang dan bisa menjadi tradisi yang dilakukan secara turun-temurun. Jadi, sangat wajar untuk terus dilestarikan agar tidak punah. Apalagi penggemarnya semakin bertambah, mulai dari kalangan anak muda maupun lanjut usia. "Saya harapkan acara ini terus ada untuk tahun-tahun mendatang," tuturnya.

Sejak pukul 05.30, para peserta terpantau sudah mulai berdatangan ke pendapa. Ada yang datang sendirian maupun berkelompok. Mereka terlihat bersemangat lantaran panitia juga menyediakan seabreg hadiah yang diundi pada akhir acara. Menariknya, hadiah utamanya berupa satu unit sepeda motor, lima unit sepeda gunung, dan puluhan door prize.

Begitu bendera start dikibarkan para peserta, termasuk Bupati Syahri Mulyo dan Wabup Maryoto Birowo, beserta kepala organisasi perangkat daerah (OPD), begitu bersemangat mengayuh kereta angin, lengkap dengan busana tradisional. Tak pelak, masyarakat yang memenuhi Taman Aloon-Aloon Tulungagung pun ikut heboh dan memilih untuk mengabadikan setiap momen menarik dengan smartphone masing-masing. (rka/ed/din)

 baca juga Kostum Peserta Tulungagung Onthel Turonggo Bikin Heboh

(rt/rak/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia