Jumat, 24 Nov 2017
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Desa Besole Raih Penghargaan Desa Tangguh Bencana

Bidang Kemandirian Pendanaan

Jumat, 13 Oct 2017 07:00 | editor : Andrian Sunaryo

MEMBANGGAKAN:

Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan piagam penghargaan kepada Wakil Bupati Maryoto Birowo di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, kemarin. (HUMAS PEMKAB TULUNGAGUNG FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Masyarakat Kota Marmer patut berbangga. Pasalnya, di bawah pimpinan Bupati Syahri Mulyo dan Wakil Bupati Maryoto Birowo atau yang dikenal dengan pasangan SahTo ini, banyak meraih penghargaan bergengsi. Terbaru, Tulungagung mendapat piagam penghargaan terkait desa/kelurahan tangguh bencana tingkat provinsi, yakni Desa Besole, Kecamatan Besuki.

Piagam penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Lapangan Tugu Pahlawan, Surabaya, kemarin (12/10). Piagam tersebut diterima Wakil Bupati Maryoto Birowo.

Tentunya, itu menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Tulungagung pada umumnya dan masyarakat Desa Besole khususnya.

Saat dikonfirmasi, Wakil Bupati Maryoto Birowo menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Desa Besole, Kecamatan Besuki, sebagai terbaik kategori utama bidang kemandirian pendanaan, dalam lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana tingkat provinsi 2017. “Di sana sudah secara manajerial melibatkan tiga pilar terkait desa tangguh bencana, yakni pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha,” ungkapnya.

Pria ramah itu melanjutkan, masyarakat sudah lebih banyak berperan terkait manajerial. Sedangkan, untuk dunia usaha, berhubungan dengan tanggung jawab sosial dunia usaha atau Corporate Social Responsibility (CSR), kemampuan dan komitmen dunia usaha untuk membantu pemerintah menyelenggarakan usaha kesejahteraan sosial serta memecahkan masalah sosial. “Ada tiga tingkatan kategori dalam lomba itu antara lain, pratama, madya, dan utama. Tulungagung masuk kategori utama,” jelasnya.

Dia menambahkan, Tulungagung memiliki sekitar 55 kilometer kawasan pantai. Wilayah itu juga dihuni masyarakat yang cukup banyak, khususnya di wilayah Desa Besole, Kecamatan Besuki. Oleh sebab itu, dibutuhkan desa yang tangguh terhadap bencana. (wen/ed/din)

(rt/whe/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia