Kamis, 14 Dec 2017
radartulungagung
icon featured
Politik
Politika  

Pemilih Pemula Masuk Target Parpol Baru  

Rabu, 04 Oct 2017 07:00 | editor : Whendy Gigih Perkasa

google

google (PENGALAMAN BARU; Para pemilih pemula saat memasukkan surat suara dalam pemilu 2014 lalu)

Saat ini sudah ada tiga partai politik baru yang akan ikut serta dalam pemilu 2019 tersebut, yakni Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Berkarya. Ketiganya sudah mulai mengirimkan berkas untuk verifikasi partai ke KPU pusat. Artinya, tiga parpol ini serius dalam pemilu, terutama untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Sebagai partai baru, mereka tidak canggung terjun ke masyarakat. Bukan hanya menjaring aspirasi, tapi juga menggalang dukungan. Tentu saja ini akan membuat bertambah serunya pertarungan dalam pemilu. Sebab, setiap partai politik tentu sudah memiliki target tersendiri terkait golongan pemilih, meski nantinya juga tetap untuk semua lapisan masyarakat.

Salah satunya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai yang mayoritas diisi para pemuda itu memiliki target sasaran pemilih. Hal itu diungkapkan Ketua DPD PSI Tulungagung Dyan Edi. Dia menyatakan, sasaran pemilih PSI adalah pemilih pemula. Pemilih pemula yang dimaksud dengan segmentasi usia pemilih dari kalangan anak muda, yang dalam pemilu mendatang (2019) sangat besar. Apalagi, tidak sedikit anak muda yang apatis dan memilih golput saat pemilu. Padahal setiap pemilu, suara pemilih pemula (anak muda) selalu meningkat.

Meski demikian, lanjut Edy, tidak memungkiri juga jika ada kalangan orang tua yang suka dan memilih PSI. “Ini juga tidak lepas karena kebaruan dan melihat platform kebijakan kami (PSI) yang betul-betul mengubah citra buruk politik saat ini,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Berkarya Priyo Winoto menyatakan, sasaran pemilih untuk Partai Berkarya yakni seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah, dengan pendekatan persuasive, juga mengedepankan pendidikan politik. “Jadi, tetap seluruh lapisan masyarakat, terutama menengah ke bawah,” jelas pria ramah itu.

(rt/whe/whe/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia