Rabu, 17 Jan 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung
WANITA

Pakai Behel Tambah Pede, Senyum Lebih Manis

Minggu, 24 Sep 2017 12:10 | editor : Andrian Sunaryo

JUGA UNTUK MERAPIKAN : Millenia menunjukan behel gigi untuk menunjang penampilan.

JUGA UNTUK MERAPIKAN : Millenia menunjukan behel gigi untuk menunjang penampilan. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

Tren pemasangan kawat gigi atau yang sering disebut behel ini di kalangan anak muda masih populer. Selain sebagai gaya-gayaan, penggunaan behel gigi ternyata juga bisa menunjang penampilan agar lebih menarik.

Apalagi, gigi merupakan salah satu bagian dari anggota tubuh yang sangat vital. Kendati demikian, tersimpan banyak perjuangan yang harus dialami. Salah satunya, harus rela berat badan (BB) turun.

Ya, pemasangan behel ini merupakan salah satu cara untuk merawat gigi, terutama yang ingin merapikan gigi. Ada dua behel yang digunakan saat ini, yaitu behel pasang dan behel permanen. Biasanya, untuk behel pasang tidak boleh digunakan untuk makan dan tidur, sedangkan permanen harus diawasi oleh dokter.

Millenia Ramadhani salah satu pemakai behel mengatakan, sudah hampir setahun menggunakan behel permanen. Awalnya, penggunaan behel tersebut untuk merapikan gigi yang diakuinya berantakan, tetapi lama kelamaan perkembangan tren behel bisa menunjang penampilan. “Atas dan bawah yang dipasang. Biar semua rapi,” katanya.

Dia mengatakan, di balik behel tersebut ada perjuangan yang berat dan tak bisa dielakkan. Betapa tidak, mau tak mau harus mau menahan rasa nyeri saat pertama kali behel dipasang. Nyeri tersebut, lanjut Millenia, akibat dari tarikan kuat karet yang mengikat kawat dan bracket yang terpasang menyatu. Dengan kekuatan tarikan itu, mengubah posisi gigi ke arah yang menginginkan. “Kalau pertama kali dipasang itu sakit. Tapi lama-kelamaan ya terbiasa,” tegasnya.

Millenia mengaku, setelah menggunakan behel, berat badannya turun. Itu karena selera makan hilang lantaran tidak bisa menikmati makanan secara utuh. Apalagi ditambah ribetnya perawatan, dimana dia harus lebih rajin untuk membersihkan sela-sela kawat dan gigi. “Kebersihan memang harus nomor satu. Untuk perawatannya, meskipun permanen, aku ganti tiap satu bulan sekali,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Solichah. Dia mengaku, meskipun ada risiko nyeri, dia tetap ngotot menggunakan behel. Itu karena dianggap bisa merapikan giginya atas dan bawah. Tak hanya itu, dengan menggunakan behel bisa menunjang rasa percaya diri dalam berpenampilan. “Saya sendiri melihat wanita yang menggunakan behel, senyumannya lebih manis. Ditambah juga dengan perawatan tersebut, gigi juga lebih sehat dan kuat,” terangnya. (*) 

(rt/lai/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia