Rabu, 18 Oct 2017
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Gagal Bobol Tiga ATM, Wajah Pencuri Terekam, Ratusan Juta Selamat

Senin, 07 Aug 2017 15:37 | editor : Didin Cahya FS

SERIUS : Polisi  meneliti sidik jari pelaku yang menempel di ATM yang baru dibobol.

SERIUS : Polisi meneliti sidik jari pelaku yang menempel di ATM yang baru dibobol. (MEIDIAN DONA DONI/RATU)

 TULUNGAGUNG- Tiga mesin ATM di Jalan Raya Beji, Desa Beji Kecamatan Bayolangu, dibobol. Beruntung pencuri tidak sampai berhasil menggasak uang ratusan juta yang berada di boks penyimpanan uang tersebut. Justru wajah pencuri sempat terekam closed circuit television (CCTV) yang berada di lokasi kejadian.                  

Kanit Opsnal Polres Tulungagung Iptu Andik Prasetyo mengatakan, adanya indikasi pengurasakan ATM adalah untuk mengambil uang dalam ATM.

“ Tadi ada informasi di ATM bersama di depan SMAN 1 Boyolangu ada pengrusakan ATM. Begitu kami datang di tempat kejadian perkara sudah ada petugas ATM yang memperbaiki tiga ATM yang dicungkil dan 2 yang sudah bisa dipakai,”ungkapnya.

Dia tak menepis pelaku pengrusakan ATM masih belum andal. Sebab asal mencungkil mesin dan tak berhasil mengambil uang. Dari rekaman CCTV mesin ATM Bank BRI telah terekam wajah pelaku yang sedang transaksi begitu pelaku memasukkan kartu ATM ke mesin. Ciri-ciri pelaku yakni kurus, berkulit sawo matang, memakai helm warna merah dan jaket kulit cokelat.

“ Memang masih belum andal, pelaku tak tahu kalau transaksi dengan memasukkan kartu akan terekam CCTV mesin ATM. Dengan begitu polisi akan menyelidiki pelaku dengan wajah seperti di ATM,” jelasnya kemarin (6/8).

Informasi didapat di lapangan, kejadian pembobolan ATM terjadi pada Sabtu sekitar pukul 4.30. Saat itu suasana sedang sepi jarang ada masyarakat lalu lalang. Datanglah sepeda motor Honda Vario dikendarai seorang pria tak dikenal yang memakai jaket cokelat dan helm merah.

Di mana pria tersebut langsung masuk ke dalam ruangan berisi 4 ATM yang berjejer tersebut. Lantas pelaku merusak tiga ATM, yaitu ATM Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI. Tapi ATM Bank BCA tak dirusak.   

“ Waktu itu teman saya (satpam) yang jaga malam sedang masuk ke dalam toko (diler tempat bekerja) untuk menyapu. Begitu keluar diler, teman saya menyaksikan pelaku pembobol mesin ATM sudah naik sepeda motornya dan melaju cepat  menghilang,” ungkap satpam penjaga diler Honda Karya Agung Motor, Fitra.

Sementara itu, petugas maintenance mesin ATM Bank Mandiri, Irwan menjelaskan, bahwa pada malam hari kantornya mendeteksi bahwa ATM yang ada di Ki Mangun  Sarkono tersebut mengalami power down atau listrik padam. Lalu petugas pemelihara ATM datang memeriksa dan ternyata aliran listrik dimatikan seseorang dan ketika masuk ruangan terlihat ATM sudah dalam keadaan terbuka.

“ Mesin ATM sudah dirusak atas bawahnya. Pelaku merusak mesin UPS dengan cara mau mengambil hardisk tapi hardisk melekat kuat sehingga tak terambil. Lalu dibagian bawahnya tempat boks uang juga ada bekas cungkilan tapi gagal dibuka. Dimungkinkan  ada ratusan juta uang selamat,”ungkapnya.

Meski begitu, jelas dia, kini mesin ATM di bank tempatnya bekerja sudah tak bisa digunakan. Karena setelah UPS dirusak oleh pelaku.

Dia hanya bisa memperbaiki jika kerusakannya ringan. Terkait kerusakan berat seperti pencungkilan UPS hingga UPS menjadi cacat. Maka harus diganti yang baru oleh pihak vendor penyedia mesin ATM.

 

(rt/ona/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia