Selasa, 17 Oct 2017
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Trenggalek Terima Piala Adipura

Jumat, 04 Aug 2017 07:00 | editor : Andrian Sunaryo

UNTUK MASYARAKAT TRENGGALEK : Bupati Emil Elestianto Dardak menyerahkan Piala Adipura ke salah satu petugas kebersihan.

UNTUK MASYARAKAT TRENGGALEK : Bupati Emil Elestianto Dardak menyerahkan Piala Adipura ke salah satu petugas kebersihan. (TITIN RATNA RAHAYU/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Piala Adipura berhasil diraih Kabupaten Trenggalek tahun ini. Sebagai wujud terima kasih kepada masyarakat Trenggalek, kemarin (3/8) Piala Adipura diarak Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc bersama istri Arumi Bachsin bersama rombongan dari dinas terkait.

Adipura diarak dari perbatasan Tulungagung – Trenggalek dan berakhir di Alun - Alun Kabupaten Trenggalek dengan apel di depan Tugu Adipura. Dalam sambutannya Bupati Emil menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Trenggalek, terutama  pejuang Adipura yakni petugas kebersihan di bawah naungan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (RPKLH) Kabupaten Trenggalek.

“Ketika di pagi buta, merekalah yang membersihkan jalanan, selokan, tempat – tempat umum juga tempat wisata sebelum dibuka, sehingga tidak saja menjadikannya bersih, tapi juga bermartabat. Terima kasih telah menjadi pejuang di garda depan,” kata Bupati Emil dalam sambutannya usai menyerahkan Adipura kepada salah satu petugas kebersihan.

Disampaikan Bupati Emil, tahun lalu Trenggalek tidak mendapatkan Adipura, karena syarat yang lebih ketat. Namun kemudian berhasil diraih di tahun ini. “Memang ada anggapan bahwa capaian kita saat ini agak lambat, namun kita justru bisa mempercepat pembangunan untuk fasilitas yang penting sekali untuk pengelolaan lingkungan produksi gas metana dengan pengolahan lindi,” ucapnya.

Berikutnya, lanjut bupati, perlu diingat juga bahwa Trenggalek bukan daerah yang melimpah ruah pada dana, sehingga tidak bisa membayar tenaga kebersihan untuk semua wilayah di Trenggalek. Karena itu, diperlukan kesadaran dari masyarakat untuk menjaga kebersihan. Baik dilakukan mulai dari lingkungan rumah maupun di desa melalui kegiatan yang kreatif.

“Saya berpikir bagaimana jika berinovasi dengan diadakan Adipura Desa. Kita dorong inovasi di tingkat desa dimulai dengan menjaga kebersihan. Cukup bersih dulu, tidak perlu mewah. Karena dengan tempat yang bersih menjadikannya menjadi layak huni dan juga bermartabat,” jelas Bupati Emil.

Dengan diraihnya Adipura dan diarak kemarin, bupati menegaskan bukan sebagai acara hura – hura. Namun agar masyarakat juga melihat hasil atau prestasi yang diraih yang merupakan hasil kerja keras semua warga Trenggalek, bukan hanya milik pemerintah saja. “Karena itu  ini harus jadi amanah tanggung jawab semua insan di Kabupaten Trenggalek untuk menjadikan kota ini bersih dan bermartabat,” tegas Bupati Emil.

Sebelum diarak, piala Adipura diterima langsung oleh Bupati Emil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bupati Emil menjadi salah satu dari 101 bupati dan walikota yang menerima piala Adipura ini. Penghargaan di bidang lingkungan ini diserahkan langsung oleh  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Malam Anugerah Lingkungan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Rabu (2/8/2017). Dimana terlebih dulu pada siang harinya dilakukan peringatan hari Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Program Adipura sendiri merupakan salah satu program nasional dari  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  yang bertujuan untuk mendorong terwujudnya Kota/Kabupaten di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan dalam mewujudkan layak huni. Yang berkelanjutan ini dimaksud harus mampu menjadi Kota/Kabupaten mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan juga pembangunan lingkungan dengan turut mendorong partisipasi aktif masyarakatnya, dan Kabupaten Trenggalek dibawah kepemimpinan Bupati Emil Dardak dan Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin ternyata mampu mewujudkannnya. (tin/and)

(rt/dre/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia