Rabu, 18 Oct 2017
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Tahap Kedua PKH Resmi Cair

Jumat, 04 Aug 2017 06:50 | editor : Andrian Sunaryo

SEMRINGAH: Bupati Syahri sedang bercakap-cakap dengan salah satu penerima dana PKH.

SEMRINGAH: Bupati Syahri sedang bercakap-cakap dengan salah satu penerima dana PKH. (HUMAS PEMKAB FOR RATU)

TULUNGAGUNG– Raut wajah penuh kegembiraan terlihat pada ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat mendapat dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua pada kemarin (3/8). Di mana pada acara yang dihelat di Balai Desa Tugu, Kecamatan Sendang ada ratusan warga dari empat desa, yakni Tugu, Sendang, Krosok, dan Picisan. Sedangkan untuk Desa Kedoyo juga ada pembagian namun dilakukan kemarin sore.

Bupati Syahri Mulyo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI. Sebab PKH telah membantu banyak orang di Tulungagung. “Kami mengucapkan terima kasih atas keberadaan program ini,” katanya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung ini berharap, para KPM bisa memanfaatkan dana yang didapat dari pemerintah dengan sebaik-baiknya. Maka mereka harus mengikuti arahan dari pendamping yang berada di masing-masing desa. “ Manfaatkan sebaik-baiknya agar memperoleh manfaat lebih,” jelasnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tulungagung Sudarmaji menambahkan, di wilayah Sendang ada 848 KPM yang menerima dana PKH senilai masing-masing Rp 500 ribu. Namun saat penyerahan di Balai Desa Tugu hanya khusus empat desa seperti yang disebut sebelumnya. “Untuk Desa Kedoyo paling akhir menerima PKH untuk hari ini (kemarin),” terangnya.

Informasi yang diterima Koran ini, total ada 848 KPM yang mendapat kucuran dana PKH. Itu tersebar di lima desa, yakni Tugu 167 KPM, Sendang 89 KPM, Krosok 184, Picisan 154 KPM, dan Kedoyo 314 KPM. Setiap KPM menerima dana Rp 500 ribu, kecuali untuk KPM dari Desa Tugu yang mendapat Rp 1 juta karena dirapel dari tahap pertama yang belum diberikan.

Darmaji-sapaan akrabnya ini mengaku,  dengan adanya penyerahan tersebut sudah ada empat kecamatan yang capaiannya sudah 100 persen. Yakni Pagerwojo, Campurdarat, Tulungagung, dan Sendang. Dan ini akan terus berlanjut Minggu depan di Kecamatan Pakel dan Pucanglaban. Untuk itu pemkab optimistis penyerahan dana PKH bisa segera rampung pada akhir tahun nanti. Apalagi tahap ketiga diharapkan bisa selesai Agustus ini sesuai arahan dari pusat. “Total ada 22.891 KPM se-Tulungagung dan ini bisa bertambah pada tahun depan,” tandasnya.(rka/din)

(rt/rak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia