Kamis, 23 Nov 2017
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Dewan Bakal Panggil Dinas Terkait Dam Dukuh

Selasa, 01 Aug 2017 15:59 | editor : Anggi Septian Andika Putra

DIBENAHI : Pekerja yang melakukan perbaikan Dam Dukuh, kemarin (31/7)

DIBENAHI : Pekerja yang melakukan perbaikan Dam Dukuh, kemarin (31/7) (Meidian Dona Doni/RATU)

Terkait  Dam Dukuh,  Ketua DPRD Tulungagung Supriyono mengakui, perlu adanya analisis teknis mengenai penyebab kerusakan pintu air tersebut. Di mana pilihannya tinggal dua, berupa bencana alam atau kualitas konstruksi yang buruk menjadi biang keladi kerusakan. “ Harus ada analisis teknis mengenai penyebab pasti kerusakan,” ujarnya.

Menurut dia, jika karena bencana alam masih dimaklumi. Namun jika ini berhubungan dengan kualitas konstruksi, maka banyak pihak yang harus diklarifikasi. Yakni pelaksana, pengawas konsultan, perencana, supervisor, dan lain sebagainya. Sehingga pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah benar ada penyimpangan kualitas konstruksi. “Nanti rekan dari Komisi D yang akan panggil dan mengklarifikasi hal tersebut,” paparnya.

Sekadar mengingatkan dam irigrasi di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang pada Sabtu (29/7) ditemukan jebol. Pahadal dam baru berumur tujuh  bulan, tapi akibat jebol kemarin sekarang sudah tak berfungsi lagi. Diduga karena debit air yang besar, dam tersebut tak kuat menahan tekanan air hingga jebol. Akibatnya, petani sekitar menjadi takut ketika kemarau sawah mereka kekeringan.

(rt/ona/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia