Kamis, 23 Nov 2017
radartulungagung
icon featured
Trenggalek
KAMAR DAGANG INDONESIA

Kadin Trenggalek Siap Bersinergi, Membangun Trenggalek

Jumat, 28 Jul 2017 07:20 | editor : Andrian Sunaryo

MEMBANGUN : Ketua Kadin Trenggalek Sugeng sumarsono menyampaikan sambutan.

MEMBANGUN : Ketua Kadin Trenggalek Sugeng sumarsono menyampaikan sambutan. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Setelah sekian lama menunggu, Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Trenggalek periode 2016-2021 akhirnya dilantik, kemarin(27/7). Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattaliti, di Pendapa Manggala Praja Nugraha. Adanya pelantikan tersebut, Kadin Kabupaten Trenggalek siap bersinergi dengan pemerintah daerah dan bersama-sama membangun Trenggalek.

Ketua Kadin Kabupaten Trenggalek, Sugeng Sumarsono mengatakan, Kadin merupakan, organisasi resmi, mitra pemerintah. Sebagaimana dijelaskan dalam UU nomor 1 tahun 1987, bahwa Kadin dibentuk oleh para pengusaha sebagai wadah pembinaan seluruh bidang usaha. Untuk itu, semua  himpunan atau asosiasi sudah seharusnya ikut aktif dalam naungan organisasi tersebut. “ Dengan pelantikan ini, apa yang kita lakukan sah dan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk bersama membangun Trenggalek,” ujarnya.

Disampaikan pula oleh Sugeng –sapannya- bahwa pengusaha yang ada dalam naungan Kadin Trenggalek siap mengawal pemerintah daerah. Jika dalam perjalannya nanti terdapat kesalahan, kadin Trenggalek menerima kritik dan saran agar tidak melenceng terlalu jauh dari koridor atau ketentuan yang berlaku. Di sisi lain pihaknya mengutarakan keluhan sejumlah asosiasi untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif di Bumi Menak Sopal. “ Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir, baik perwakilan forum koordinasi pimpinan daerah, serta para pimpinan badan usaha milik Negara yang juga menyempatkan waktu menyaksikan pelantikan tersebut,” papar Sugeng.

. SAKRAL : Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattaliti menyerahkan bendera kepada Ketua Kadin Kabupaten Trenggalek Periode 2016-2021, Sugeng Sumarsono, di Pendapa Kabupaten Trenggalek, Kemarin.

. SAKRAL : Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattaliti menyerahkan bendera kepada Ketua Kadin Kabupaten Trenggalek Periode 2016-2021, Sugeng Sumarsono, di Pendapa Kabupaten Trenggalek, Kemarin. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) La Nyalla Mahmud Mattalitti mengimbau seluruh pengusaha di Trenggalek untuk lebih mandiri tanpa menggantungkan usahanya hanya dari proyek pemerintah. Pengusaha diharapkan bisa menjadi mitra kerja strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek untuk ikut menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat luas. “Saya tegaskan, Kadin harus berpikir visional. Pengusaha harus bermitra dengan bupati, membuat proyek baru agar tercipta lapangan pekerjaan baru,” tegas La Nyalla

Menurut dia,  ada banyak usaha yang bisa diciptakan atau dikembangkan di Trenggalek. Di sektor pariwisata misalnya, Trenggalek memiliki Pantai Prigi yang bisa dikelola dan dieksplorasi dengan membangun hotel atau penginapan. “Kabar baiknya, Hipmi Jatim rencanya akan melakukan gathering di sini. Pastinya akan ada banyak pengusaha yang hadir. Contoh lagi, salah satu pengurus Kadin Jatim adalah Ketua IMI dan ia bisa diajak mengadakan kegiatan motor di Trenggalek,” tambahnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Trenggalek Emil Dardak mengatakan, saat ini Trenggalek sedang berupaya membangun ekonomi daerah melalui regulasi atau kebijakan yang berpihak kepada bisnis, berpihak kepada pengusaha. Walaupun sangat mudah diucapkan tetapi keinginan tersebut menurut dia,  amat sulit dilaksanakan karena dalam kancah politik, kepentingan pasti banyak bermain dengan segala cara dan arogansi. “ Kadin adalah mitra resmi pemerintah dalam memajukan dunia usaha, sebagaimana diatur dalam undang-undang,” kata Emil. (*)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia