Senin, 23 Oct 2017
radartulungagung
icon featured
Sports

Serunya Pertandingan, Final Diundur Hari Ini

Sabtu, 15 Jul 2017 19:27 | editor : Andrian Sunaryo

TAMBAH JADWAL PERTANDINGAN  : Atlet bulutangkis tunggal putri hendak melakukan servis.

TAMBAH JADWAL PERTANDINGAN : Atlet bulutangkis tunggal putri hendak melakukan servis. (DHARAKA/RADAR TULUNGAGUNG)

Kejuaraan bulutangkis yang dilaksanakan di Bumi Menak Sopal  tahun ini jauh berbeda dari gelaran di tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya dari segi jumlah peserta yang mencapai lebih dari seribu orang,, club-club ternama di Jatim ini juga turunkan,  kontingen-kontingen terbaik dalam kejuaraan tersebut. Alhasil, saking serunya pertandingan, panitia terpaksa harus menambah jadwal pertandingan. " Banyak rubber set, pertandingan molor hingga dini hari, itupun masih pada babak penyisihan awal," ungkap Sudibyo utomo, Ketua Panitia Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup se-Jatim 2017, kemarin(15/7).

Dikatakan dia, sejatinya kejuaraan bulutangkis ini di helat selama 6 hari, sejak Senin 10 Juli hingga Kamis 15 Juli kemarin. Namun, karena beberpa faktor di atas, pertandingan harus ditambah satu hari lagi.

Sesuai jadwalnya, pertandingan dimulai pukul 08.00 WIB selesai pukul 23.00 WIB, setiap harinya. Namun demikian, Dibyo -sapaannya- menaksirkan akan ada tambahan-tambahan waktu, apalagi di pertandingan yang kian mendekati puncak ini. " Rencananya final hari ini (Sabtu,red) namun karena banyak faktor harus nambah. Jadi finalnya besok (hari ini, red)," ungkapnya.

MAKIN SERU : Tunggal putra mengembalikan shuttlecock dalam pertandingan kemarin.

MAKIN SERU : Tunggal putra mengembalikan shuttlecock dalam pertandingan kemarin. (DHARAKA/RADAR TULUNGAGUNG)

Pantauan koran ini, pada babak 8 besar kemarin (15/7), masih terdapat sekitar 135 pertandingan yang harus diselesaikan. Jelang final ini, mulai terlihat kemampuan peserta. Artinya, tidak semua jago atau unggulan dalam kelompok usia keluar sebagai juara. Tak sedikit dari mereka harus terima kekalahan dari peserta yang tidak diunggulkan dalam kelompok tersebut.

Dibyo menjelaskan, skill unggul seorang pemain bukan jaminan untuk lolos ke babak berikutnya. Menurut dia, selain stamina yang baik, peserta harus pandai mengelola atau menjaga fokus. Misal, , karena notabene masih anak-anak mereka sudah lelah sebelum bertanding. Gara-garanya sepele, mereka asyik bermain,  sehingga saat waktunya bertanding tidak bersemangat. " Jadi peserta memang harus menjaga dan fokus pada pertandingan," papar dia.

Hal senada dikatakan Ketua PBSI Trenggalek Puguh Purnomo, antusiasme pebulu tangkis dalam kejuaraan tahun ini begitu besar. Dibuktikan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan tersebut. Sementara itu, kebijakan menambah jadwal pertandingan sudah menjadi sebuah keharusan mengingat seru dan banyaknya jumlah peserta. " Finalnya diundur hari minggu, rencananya pagi untuk semi final, sore dan malamnya untuk final," jelas puguh. (hai/and)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia