Jumat, 19 Jan 2018
radartulungagung
Blitar

Tak Didampingi Kuasa Hukum, Sidang Rengga Minta DItunda

Rabu, 01 Jun 2016 15:24

Tak Didampingi Kuasa Hukum, Sidang Rengga Minta DItunda

SIDANG TUNDA: Terdakwa mengajukan keberatan dan minta sidang ditunda karena tidak didampingi kuasa hukum. (Noormalady usman/radar blitar/JawaPos.com)

BLITAR KOTA - Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dengan terdakwa Rengga, kembali harus ditunda. Ini merupakan penundaan yang kedua kalinya, setelah minggu lalu jaksa yang belum siap, kini terdakwa meminta untuk didampingi oleh kuasa hukum.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lilik Pujiati menyatakan kesiapan untuk membacakan tuntutan terhadap terdakwa Rengga, yang diduga ikut dalam pembunuhan secara bersama-sama terhadap Danang Hadi Wiboro, dua tahun lalu.

Dimana terdakwa ketiga ini adalah yang menjemput M. Fitroh yang menjadi penembak.

Sidang dimulai sekitar pukul 12.00, dan Ketua Majelis Hakim Agung Purbantoro langsung mengetuk palu tanda persidangan dimulai.

Namun, sebelum mendengarkan tuntutan dari JPU, terlebih dahulu majelis hakim menanyakan tentang kesiapan terdakwa untuk melanjutkan persidangan.

“Bagaimana saudara terdakwa, apakah siap untuk melanjutkan persidangan, meskipun tanpa didampingi oleh kuasa hukum,” tanyanya.

Karena kurang mengerti, akhirnya terdakwa langsung menyatakan keberatan dan meminta sidang ditunda karena ingin didampingi kuasa hukum.

Kemudian Ketua Majelis Hakim menegaskan, jika minggu depan kuasa hukum tetap tidak mendampingi, maka terdakwa bisa meminta izin untuk meminta kuasa substitusi kepada pengadilan.

“Kalau tetap tidak hadir, terdakwa bisa mengajukan kuasa substitusi untuk mendampingi dalam proses sidang berikutnya,” tegas Agung.

Menurut Agung, karena terdakwa menyatakan keberatan dan meminta sidang untuk ditunda, maka proses sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dari jaksa, ditunda hingga Selasa (7/6) minggu depan, dan perwakilan kuasa hukum agar memastikan hadir.

Karena baru sekali ini terdakwa meminta dan itu merupakan haknya untuk meminta didampingi. Maka sidang ditunda kembali hingga Selasa mendatang, semoga semua pihak bisa bersiap,” tegasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Bambang Arjuna menegaskan, bahwa sejak awal telah memberikan pemahaman kepada terdakwa agar tidak perlu khawatir, karena hanya sekedar mendengarkan tuntutan, sehingga tidak masalah tidak mendampingi Rengga.

“Saya sudah katakan kalau tidak perlu didampingi, dan tidak keberatan untuk melanjutkan proses sidang, malah menyatakan keberatan. Kayaknya tidak paham dengan bahasa hakim,” ungkapnya. (ady/ynu)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia