Jumat, 19 Jan 2018
radartulungagung
Properti

Partisi Ruangan Mempercantik Ornamen Hunian

Rabu, 18 May 2016 09:17

Partisi Ruangan Mempercantik Ornamen Hunian

Partisi Ruangan Mempercantik Ornamen Hunian (DIDIN CAHYA FIRMANSYAH/RATU/JAWAPOS.COM)

TULUNGAGUNG - Ide pembuatan partisi atau pembatas sering muncul ketika ukuran ruangan  terlalu luas di rumah minimalis. Dengan demikian ruangan akan menjadi dua fungsi atau lebih, namun ukuran ruang tetap sama. Selain itu partisi bisa mempercantik  ornamen hunian. 

Perlu diperhatikan partisi ruangan ini harus menggunakan bahan yang mudah dipindah atau tidak bersifat permanen.

“Intinya partisi ruangan harus move able atau mudah dipindahkan,” terang Konsultan Desain Interior, Gunawan, kemarin (17/5).

Dari pengalaman mengerjakan desain partisi ruangan, rata-rata bahan yang digunakan dari furnitur berbahan multiplex yang dilapisi HPL ( High Pressure Laminated ). Dengan alasan bahan kuat, ringan, mudah dibentuk serta beragam pilihan warna bisa di dapatkan.

Jika memang sudah mendapatkan bahan sesuai pilihan, perlu ada bentuk atau desain partisi. Yakni jangan sampai partisi  hanya memiliki fungsi ornamen satu ruang. Artinya terpakai dari sisi depan dan belakang, tetapi tetap menarik.

Termasuk saat membuat partisi antara ruang tamu yang berada di sisi depan dan  ruang keluarga. Di sisi depan tentu partisi ini ada bagian untuk menaruh foto,  vas bunga serta lain-lain. 

Berbeda di bagian sisi belakang partisi ada tempat menaruh televisi, rak buku, kaca.

“Ada pula partisi ruang tamu serta ruang dapur, tentu desain akan menyesuaikan dengan  fungsi ruangan yang akan dipisah,” kata dia.

Mengenai jenis desain partisi tergantung selera pemilik rumah. Ada tiga jenis yang biasa dipakai untuk partisi, adalah minimilis, klasik serta vintage atau model tahun 1960-1970. Dengan masing-masing  jenis ada perbedaan.

Ciri partisi minimalis cenderung lebih efektif,  jenis klasik tidak begitu banyak sekat, sedangkan vintage lebih mendominasi untuk warna cokelat.

“ Konsep partisi ini sangat penting, ketika memutuskan dipasang,” kata dia.

Dia memberikan saran, ketika sudah memutuskan membuat  partisi ini, warna  jadi patokan. Dengan pertimbangan saat partisi menyesuaikan dengan warna dinding akan lebih sulit untuk merubah dan mencari warna baru jika sewaktu-waktu ingin berganti bentuk partisi. Berbeda dengan dinding hanya mengganti cat sudah cukup. 

Bagaimana dengan akses saat antardua ruangan ? Dia menjawab, usahakan akses menjadi satu, sehingga mudah terlihat serta tidak memerlukan bahan yang lebih banyak  untuk partisi. 

Disinggung mengenai ketinggian partisi tidak perlu hingga batas penuh. Ada ruang  antara plafon dan partisi. Dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk meletakkan  barang-barang hiasan.

“Partisi ini bisa dipindahkan jika memang membutuhkan ruang tamu luas, misalkan pada saat lebaran, kalau sehari-hari seperti sekrang ini tingkat  kunjungan tamu tidak begitu banyak jadi belum perlu untuk pindah posisi,” kata pria berjenggot itu.

Dan kini tidak sekadar hunian yang memilih menggunakan partisi saat ruang terlalu luas. Perkantoran, klinik, serta lain-lain sudah mulai marak. Sebab akan lebih  hemat ruang serta  menarik.(din)

 

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia