Minggu, 22 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Optimis BUMDes Bisa Saingi Toko Modern

Selasa, 17 Apr 2018 09:45 | editor : Aries Wahyudianto

Tursilowanto

Tursilowanto (Dok/Radar Gresik)

Menjamurnya toko modern di Kabupaten Gresik menjadi fokus Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Pasalnya, banyak toko modern bisa mematikan toko-toko kecil milik masyarakat. Untuk mengantisipasi hal itu, rencananya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bakal dijadikan distributor barang untuk memangkas harga jual.

Kepala DPMD Kabupaten Gresik Tursilowanto Hariogi mengatakan pihaknya berkomunikasi dengan sejumlah pabrik kebutuhan pokok. Hasilnya sudah ada dua perusahaan yang siap bekerjasama dengan BUMDes. “Nanti BUMDes bisa jadi distributor dan toko kecil bisa langsung beli disana,” ujarnya.

Dijelaskan, BUMDes nanti bisa mendapatkan harga murah karena barangnya langsung mengambil dari pabrik. Dengan begitu, lanjut dia, harga jual bisa lebih murah lagi. Sebab, mereka tidak perlu melewati sistem pasar yang berjenjang.

“Selama ini, toko kecil tidak bisa bersaing dengan toko modern karena harga mereka yang lebih mahal. Dengan BUMDes jadi distributor kami coba pangkas hal tersebut,” terang dia.

Kebijakan ini diambil setelah program BUMDes sebagai agen gas berhasil direalisasikan. Hasilnya, memang harga gas di tingkat bawah bisa lebih murah. “Misalnya di Bawean, sebelumnya harga gas mencapai Rp 30 ribu, dengan BUMDes jadi agen gas, harga disana tinggal Rp 25 ribu saja,” ungkapnya. (rof)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia