Minggu, 22 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Mampu Bikin Robot

Selasa, 17 Apr 2018 09:26 | editor : Aries Wahyudianto

Mahbub Junaidi.

Mahbub Junaidi. (Esti/Radar Gresik)

MAHBUB Junaidi berhasil membuktikan jika santri tidak hanya pandai mengaji. Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Solohin ini juga mampu memproduksi pesawat aeremodeling sendiri hingga kamera robot untuk memantau jalannya khotbah di Masjid. 

“Berasal dari pengamatan pada lingkungan sehari-hari,” ujar dia.

Keahlian di bidang elektronik disebutnya sudah didapat sejak dia duduk di bangku sekolah. Barang-barang elektronik yang sudah rusak, bisa dirakit lagi. Seperti radio, televisi dan barang elektronik lainya. "Dari awal memang suka otak-atik elektronik, jadi lama-lama mengetahui sendiri," jelasnya. 

Dikatakannya, hingga kini dirinya masih aktif dalam hal dunia elektronik. Bahkan banyak juga dari hasil rakitannya memiliki harga jual yang tinggi. "Sebetulnya dari awal tidak pernah kepikiran untuk menjual, saya senang dengan inovasi-inovasi baru,” tutur dia.

Dari hal-hal itu, ia mengaku banyak muncul ide berlian. Seperti yang terbaru membuat kamera robot yang bisa memantau jalannya khotbah jum'at. Menurutnya, santri tidak harus melulu belajar terkait hal keagamaan. Ada hal lain yang harus dilakukan. Sebab, sebagai calon pengabdi masyarakat, santri dituntut untuk memahami semua ilmu. “Yang nanti akan bermanfaat kepada masyarakat,” imbuh dia. (est/rof)

 

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia