Jumat, 27 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Ditangkap, Sebar Foto Bugil Gadis SMP

Selasa, 17 Apr 2018 09:16 | editor : Aries Wahyudianto

Agus Wiyono (Kanan) dan HP smartphone yang digunakan mengupload foto bugil gadis SMP di Menganti

NGERES : Agus Wiyono (Kanan) dan HP smartphone yang digunakan mengupload foto bugil gadis SMP di Menganti (Yudhi/Radar Gresik)

MENGANTI - Gara-gara mengupload foto siswi SMP asal Menganti di facebook, Agus Wiyono, 27, dicokok polisi. Warga Dusun Gridijaya RT 05 RW 01, Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang, ini dijerat dengan pelanggaran UU ITE.

Penangkapan bermula dari laporan orang tua Indah (bukan nama sebenarnya), 14, siswi SMP asal Menganti. Mereka tidak terima foto-foto anaknya yang bugil disebar di media sosial oleh akun FB bernama Dimas.

Tersangka menggunakan nama Dimas, karena dia mengetahui pacar korban bernama Dimas. Sehingga akun tersebut untuk mengelabuhi korban. "Jadi pelaku menyamar sebagai kekasih korban. Agus menggunakan akun instagram palsu atas nama Dimas. Itu pacarnya,” ujar Kasatreskrim Polres Gresik, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo.

Indah yang masih dudukdi bangku SMP diminta berfoto telanjang oleh Agus alias Dimas palsu. ”Kalau memang sayang, kirimkan fotomu (telanjang, Red),” kata Agus, seperti yang diucapkan ke Indah.

Korban mengiyakan permintaan pelaku dengan mengirimkan foto telanjang ke fitur pesan di akun instagram milik Agus. Setelah dikirim, Agus men-screenshot foto tersebut. pelaku kemudian masuk ke akun facebook milik Indah.

Ternyata foto telanjang itu diupload di akun FB milik korban oleh pelaku. Setelah diupload, rekan korban menjadi heboh karena ada foto bugil di wall FB-nya. Korban mengadukan hal itu ke orang tuanya. lalu kejadian ini dilaporkan ke polisi.

Polisi kemudian menyelidiki akun Dimas gadungan. Hasilnya polisi menangkap Agus yang saat itu sedang bekerja di tempat cuci mobil di Jalan Raya Menganti. Pelaku ditangjap berikut barang bukti HP smartphone yang digunakan untuk mengunggah foto korban.

Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku tahu Indah pacarnya Dimas. Itu diketahui karena Dimas adalah rekan kerja Agus sebagai tukang cuci mobil. Antara pelaku dengan Dimas tidak ada masalah. Pelaku mengaku hanya iseng menggoda pacar rekannya dan mengunggah foto bugilnya di medsos.

"Pelaku akan kami jerat dengan pelanggaran Pasal 45 ayat 1 juncto Pasal 27 ayat 1 UU ITE. Ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara,” kata Kasatreskrim Polres Grsik AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo. (yud/ris)

(sb/yud/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia