Kamis, 26 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Bermodal Foto Editan Pikat Banyak Cewe Medsos

Maling Playboy, ‘Jaminkan’ Cewe Baru Kenal di Konter HP

Senin, 16 Apr 2018 19:48 | editor : Abdul Rozack

TERSANGKA: Yogi Arisukmana

TERSANGKA: Yogi Arisukmana (ISTIMEWA)

Kelakukan Yogi Arisukmana, 36, memang cukup nyeleneh. Sebab warga asal Cilacap Jawa Tengah ini berkenalan dengan cewek bukan untuk dipacari, apalagi dinikahi. Melainkan ia jadikan tameng untuk mencuri handphone (HP). Modusnya, meninggalkan cewek di konter HP sesaat ia membawa kabur HP milik konter tersebut. 

Modus Yogi terungkap setelah Tim Unit Resmob Polrestabes Surabaya menangkapnya pada Kamis (12/4). Penangkapan itu dilakukan setelah pihaknya memperoleh laporan dari pemilik konter HP di ITC Mal Surabaya, yakni Susanto,20. Warga jalan Mulyosari Baru 24, Surabaya ini melaporkan kehilangan sebuah HP dagangannya. 

Laporan itu langsung ditindaklanjuti Unit Resmob Polrestabes Surabaya. Selain meminta keterangan sejumlah saksi, tim Resmob juga mengamankan rekaman CCTV yang merekam aksi pelaku. Setelah diidentifikasi, pelaku itu adalah Yogi. 

"Kami buru pelaku dan berhasil ditangkap saat menginap di salah satu hotel budget di wilayah Surabaya Utara," ungkap Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Jumat (13/4). 

Saat disergap, Yogi tak berkutik. Sebab CCTV yang merekam aksinya cukup jelas. Apalagi setelah tasnya digeledah, polisi menemukan sejumlah barang bukti. Antara lain Dosbook HP Samsung S8, HP S8+ yang merupakan hasil curian di Marina Plaza. Sedangkan satu HP lain digunakan pelaku sebagai sarana berkenalan dengan perempuan yang hendak ia jadikan tameng alias ‘jaminan’ ke konter. 

"Dari hasil pemeriksaan, tersangka sudah beraksi di lima lokasi. Sasarannya dari mal ke mal," imbuhnya Bima. 

Bima juga menjelaskan, sebelum beraksi Yogi mencari kenalan cewek melalui aplikasi media sosial, Bee Talk. Setelah itu, Yogi merayu sejumlah perempuan untuk kopi darat di mal yang dipilihnya. Bermodal foto editan, sejumlah cewek akhirnya terpikat dan bersedia kencan dengannya.  

"Pelaku pura-pura mengajak cewek kenalannya ke konter HP. Dengan rayuan akan membelikan HP cewek itu. Pada saat di counter, pelaku memilih-milih HP yang akan dibeli," ungkap Bima. 

Tapi, setelah penjaga kounter HP lengah, pelaku langsung memasukkan HP yang dipilihnya tadi ke dalam sakunya. Kemudian pelaku berpamitan kepada sang cewek dengan alasan ke toilet. Ternyata, pelaku langsung kabur dan si cewek ditinggal di konter. 

"Aksinya itu dilakukan agar penjaga konter tak curiga, sebab masih ada teman ceweknya di sana," tandas Bima. Saat ini, polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mengetahui adanya TKP lainnya.(yua/no)

(sb/yua/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia