Kamis, 26 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Berpanas-panasan, Nadine Punguti Sampah Pantai Kenjeran

Senin, 16 Apr 2018 16:21 | editor : Wijayanto

TERIK: Nadine Chandrawinata (kiri) bersama anggota komunitas Sea Soldier memunguti sampah plastik di pesisir pantai Kenjeran, Minggu (15/4).

TERIK: Nadine Chandrawinata (kiri) bersama anggota komunitas Sea Soldier memunguti sampah plastik di pesisir pantai Kenjeran, Minggu (15/4). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Cuaca panas yang menyengat rupanya tak menyurutkan semangat Nadine Chandrawinata bersama puluhan aktivis pecinta lingkungan untuk memungut sampah di kawasan pesisir pantai Kenjeran Surabaya. Bersama puluhan anggota komunitas peduli lingkungan Sea Soldier, Nadine tak canggung memungut segala bentuk sampah plastik.
Mulai Botol plastik, sedotan, cotton bud, kasur, popok sekali pakai, bungkus plastik, hingga bolpoin. Semua yang berbau sampah dan plastik dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung yang kemudian nanti akan dibuang ke TPA terdekat.
Tak hanya di pesisir pantai Kenjeran, mereka juga memungut sampah dan plastik di area Taman Suroboyo. "Ya kalau tidak turun langsung seperti ini kapan kita bisa membuat kawasan ini lebih bersih," tutur Nadine saat memasukkan sampah plastik berupa sedotan, Minggu (15/4).
Ia mengakui jumlah sampah plasik di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya memang relatif berkurang. Namun, hal ini juga masih tetap membutuhkan peran serta dari warga masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. "Sebenarnya kondisi sampah plastik di Surabaya semakin membaik, kotor tapi tidak terlalu parah," ujar Puteri Indonesi 2005 ini.
Secara khusus Nadine mengapresiasi kinerja Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang terus menerus berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Namun, ia juga berharap warga juga mau belajar merubah pola hidup dan pola pikir agar kebersihan lingkungan bisa terjaga. "Karena mereka yang tinggal di sini dan merasakannya, tentunya mereka juga berkewajiban untuk menjaga" katanya. (sur/nur)

(sb/sur/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia